Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 07 Oktober 2022

Pemdes Sonorejo Dongkrak Perekonomian Masyarakat,Bangun Jalan Usaha Tani(JUT)


BOJONEGORO, SNN.com - Jalan usaha tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan) untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan

Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT ) di Desa Sonorejo kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro telah dilaksanakan pada tahun 2022 ini dengan sumber  biaya dari APBD sebesar Rp 145,520,000 pengerjaannya swakelola.

Jalan usaha tani  ini berada di area persawahan di  desa sonorejo  yang Dengan rincian lebar 3 meter dan panjang 500 meter, dalam pelaksanaanya pembanguann Jalan usaha tani melibatkan tenaga kerja lokal  yang cukup banyak  sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat penerima manfaat jalan usaha tani tersebut.

Kepala Desa Sonorejo Sundoko mengatakan " Dengan dilaksanakanya pembangunan Jalan usaha tani ini diharapkan proses mobilisasi alat-alat dan pertanian juga produk pertanian akan lebih lancar sehingga dapat mengurangi ongkos produksi (ongkos angkut) dan harga komoditi pertanian menjadi lebih baik

Ditambahkan olehnya " JUT tersebut merupakan akses utama masyarakat petani sekitar untuk mengangkut hasil bumi, seperti pertanian dan perkebunan. Untuk itu, JUT di desa sonorejo tahun ini sangat diutamakan.

Ditegaskan olehnya", jalan yang digunakan untuk mengangkut hasil pertanian di desa sonorejo diharapkan akan memudahkan warga mengangkut hasil bumi.

Pengerasan JUT tersebut merupakan hasil kesepakatan musyawarah desa (musdes) dalam penggunaan anggarannya.

Sektor pertanian sudah menjadi sumber mata pencaharian warga Desa Sonorejo, itu sebabnya, program pembangunan fisik tahun ini dipusatkan pada pembangunan infrastruktur jalan usaha tani,” jelas Sundoko 

Sundoko Kepala Desa Sonorejo berharap agar pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemdes ini bisa dijaga dan dirawat oleh masyarakat. [ mr/red].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"