Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 12 Januari 2023

Air Laut Rob, Serma Babun Bersama Warga Kerja Bakti Perbaiki Tanggul yang Jebol

Probolinggo, SNN.com - Air laut rob menyebabkan tanggul di pesisir Pantai di Dusun Grinting Desa Karang anyar Paiton jebol dan masuk ke pemukiman warga. Terjadinya air laut rob memang sering terjadi di wilayah ini dikarenakan tanggul tidak mampu mambendung Terjangan Ombak air Laut.

Mengantisipasi adanya rob susulan, Babinsa Koramil 0820/ 16 Paiton Serma Babun Sugianto bersama warga  masyarakat setempat, melaksanakan  kerja bakti pembuatan tanggul di pesisir Pantai di Dusun Grinting Rt. 23  Rw. 14 Desa  Karang anyar Kecamatan Paiton Kabupaten  Probolinggo.Kamis(12/1/23).

Dengan sigap, Babinsa dengan peralatan seadanya bersama warga melakukan gotong royong memperbaiki tanggul yang jebol, sementara dilakukan dengan cara membuat patok-patok bambu, selanjutnya diisi dengan karung yang berisi tanah sebagai talud untuk menutupi kerusakan tanggul sembari menunggu perbaikan dari pemerintah secara permanen. 

Dijelaskan Babinsa Serma Babun Sugianto, Pelaksanaan kerja bakti perbaikan tanggul memang sudah di rencanakan sejak lama, namun karena kondisi Terjangan Ombak air Laut yang semakin membesar bahkan melewati tanggul, maka kegiatan kerja bakti urung dilakukan. Beruntung saat ini air laut turun sehingga kegiatan perbaikan tanggul baru bisa dilakukan pada hari ini," Jelas Babinsa. 

Ia juga mengatakan, peristiwa tanggul jebol di lokasi ini sudah berulangkali terjadi, hingga menimbulkan kekhawatiran warga jika tanggul tidak segera diperbaiki, maka kemungkinan akan menambah parah dan semakin melebar kerusakannya.

"Saya berharap dengan adanya kerja bakti ini, dapat memberikan manfaat bagi semua warga Desa Tambahagung Kecamatan Tambakromo. Selain itu, melalui kegiatan kerja bakti ini tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat," ujar Babun.  

Ditempat terpisah Danramil 0820/ 16 Paiton Kapten Inf Subaeri, membenarkan apa yang dilakukan anggotanya tersebut, Bahwa di wilayah teritorialnya terjadi berbagai bencana alam Air laut rob menyebabkan tanggul di pesisir Pantai jebol dan air laut masuk ke pemukiman warga sehingga seluruh Babinsa diperintahkan lebih aktif memantau wilayah binaan masing-masing. (Pendim0820)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"