Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 11 Januari 2023

Aktivis Probolinggo Gelar Audiensi di Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo, Terkait Dua PT. Didesa Karangpranti

PROBOLINGGO, SNN.com - Gabungan Aktivis Probolinggo Gelar Audiensi. Di Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo, Terkait Dua  PT. Didesa  Karangpranti. Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.  Kembali menjadi sorotan. Keberadaan Kedua PT (Perseroan Terbatas) tersebut antara lain, PT Merak Jaya Beton dan PT Raja Beton Indonesia. Rabu 11/01/2023.

Parahnya, meski sempat dilakukan penyegelan lokasi usaha pada 1 Nopember 2022 oleh Satpol PP Kabupaten Probolinggo karena diketahui tidak mengantongi izin, kegiatan usaha tersebut kembali beroperasi, setelah beberapa hari sebelumnya ditutup.

Alhasil, puluhan masyarakat yang mengatasnamakan gabungan aktivis Probolinggo menggelar audiensi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo. Audiensi tersebut dilaksanakan di ruang banggar kantor DPRD setempat, Rabu (11/1/23).

"Pada kesempatan ini kami ingin mendapatkan klarifikasi terkait dibukanya kembali kegiatan usaha tersebut. Sebab, sebelumnya sudah ditutup dan dilakukan penyegelan lokasi. Tolong jelaskan kepada kami, apakah saat ini 2 perusahaan tersebut sudah berizin apa masih belum ?," ujar Syaiful Bahri, peserta audiensi dari gabungan aktivis Probolinggo.

Situasi semakin memanas ketika pihak OPD tak kunjung memberikan jawaban secara tegas terkait legalitas 2 perusahaan tersebut. Sehingga para aktivis yang lain gencar melontarkan kritikan pedas atas inkonsistensi penegakan peraturan di Kabupaten Probolinggo. Bahkan salah satu dari aktivis meminta Kasatpol PP Kabupaten Probolinggo, Achmad Aruman, dicopot dari jabatannya.

"Sampaikan kepada Wabup Probolinggo, Timbul Prihanjoko, agar Kasatpol PP Kabupaten Probolinggo, dicopot. Sebab kami menilai, tidak ada ketegasan dari pihak Satpol PP," tegas Lutfi Hamid, dengan nada keras.
Namun begitu, perwakilan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Probolinggo, Sanjoko, akhirnya mengungkapkan terkait legalitas 2 perusahaan tersebut. Menurutnya, sampai saat ini, 2 perusahaan tersebut belum mengantongi izin usaha.

"Sampai saat ini, 2 perusahaan tersebut belum mengantongi izin usaha. Bahkan dari hasil cek data yang kami lakukan, NIB (Nomor Induk Berusaha) dari PT Merak Jaya Beton, tercatat di luar Kabupaten Probolinggo," ungkapnya, seraya meminta maaf karena datang terlambat dalam acara audiensi.

Mendengar keterangan tersebut, sontak gabungan aktivis Probolinggo meminta agar Satpol PP segera bertindak dengan menutup kegiatan usaha 2 perusahaan tersebut.

"Kami tetap berpegang pada hasil forum audiensi, dan tidak ada yang perlu dimediasikan. Tutup kegiatan usaha, dan silahkan buka kembali bila izinnya sudah ada," pungkas Syaiful Bahri. (NITRO-YOGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"