Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 21 Februari 2019

Panwaslu Kecamatan Maro Sebo Ulu Adakan Tes Wawancara Calon Pengawas TPS Tahap 1

Maro Sebo Ulu, sorotnuswantoronews.com - Dalam rangka menghadapi pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara pada pemilihan DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Pilpres, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batanghari melakukan tes wawancara terhadap calon pengawas TPS yang lulus seleksi administrasi, bertempat di sekretariat Panwascam, Kecamatan Maro Sebo Ulu, Kamis (21/2/2019).

Menurut Ketua Pokja Pembentukan Pengawas TPS, Pak Sukri yang juga Komisioner Panwaslu Kecamatan Maro Sebo Ulu, tes wawancara ini merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan pemilihan DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan PILPRES yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

"Dalam hal pembentukan Pengawas TPS, Panwaslu Maro Sebo Ulu melaksanakan tahapan melalui penjaringan calon, penerimaan berkas pendaftaran, penelitian administrasi pendaftaran, tes wawancara, dan penetapan calon terpilih. Semua tahapan ini disesuaikan dengan aturan yang ada, berdasarkan pedoman pembentukan pengawas tempat pemungutan suara, "lanjutnya.

Sekitar 28 peserta yang mengikuti tes wawancara terdiri dari 4 Desa, Desa Olak Kemang, Desa Kembang Seri, Desa Simpang Sungai Rengas, Dan Desa Mekar Sari. yang akan diterima  sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kecamatan Maro Sebo Ulu.

Adapun materi wawancara meliputi Visi Misi dan motivasi, Penguasaan materi dan strategi pengawasan pemilu, tugas dan wewenang Pengawas TPS, serta peraturan perundang-undangan mengenai pemilu, Integritas diri dan komitmen, Kualitas kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi, Pengetahuan muatan lokal, Klarifikasi atas tanggapan dan masukan masyarakat

Hasil tes wawancara akan diumumkan pada tanggal yang ditentukan 2019 dan pelantikan.

Pengawas TPS yang dinyatakan lulus dan telah dilantik, akan bertugas membantu Panwaslu Kecamatan bersama PPL dalam pelaksanaan pengawasan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan nanti. 

Turut jadi pewawancara, Ketua Komisioner Panwaslu Kec. Maro Sebo Ulu, Pak Sukri dan Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga.

Reporter : Jony
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"