Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 25 Februari 2019

Penyeleksian Petugas Haji Dilakukan Kemenag Tuban

Tuban, sorotnuswantoronews.com - Salah satu kunci peningkatan kualitas pelayanan haji adalah dengan peningkatan kualitas calon petugas haji.

Petugas haji memegang peranan penting dalam rangkaian pelayanan haji. Pemikiran petugas haji yang tepat berpengaruh kepada semua rangkaian pelayanan haji, hal ini di sebabkan karena petugas haji adalah orang - orang yang bersosialisasi langsung dengan jamaah haji selama pelaksanaan ibadah haji ( 25/02/19 ).

"Seleksi di Kabupaten/Kota di gelar serentak Senin hari ini, 25 Februari 2019, untuk Tuban di adakan di aula Kemenag, "terang Kepala Kankemenag Kabupaten Tuban.

Peserta yang lolos seleksi di tingkat Kabupaten/Kota akan berlanjut ke tingkat Provinsi. Seleksi tingkat provinsi bertempat di Kanwil Kemenag Provinsi, Seleksi terdiri dari wawancara dan tes berbasis CAT.

"Saat ini Pemerintah sedang menggalakkan kepuasan penyelenggaraan ibadah haji, salah satunya di ukur dari petugas haji. Calon petugas akan di tes sesuai kemampuan dan kredibilitasnya sebagai petugas haji," tambahnya.


Seleksi dibagi menjadi seleksi administrasi dan kompetensi. Peserta seleksi PPIH terdiri dari PNS/ASN Kementerian Agama, termasuk pejabat, pengawas,  kepala madrasah, penyuluh, dan penghulu. Selain itu ada juga dari unsur organisasi masyarakat dan Pondok Pesantren.

Sementara itu Kasi Haji Kemenag Kabupaten Tuban, Umi Kulsum mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengakomodir calon petugas yang di butuhkan untuk menyertai jamaah haji, dan untuk mendapatkan personalia yang tepat dan mampu menjalankan tugas ibadah tersebut.

" Peserta tes petugas ini sejumlah 16 orang,  terdiri dari Tim Pemandu Haji Indonesia ( TPHI ) 6 orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia ( TPIHI ) 6 orang dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji ( PPIH ) 4 orang ( mengundurkan diri satu orang ) sehingga total yang ikut seleksi 15 orang," terang perempuan yang juga ketua PC. Fatayat Tuban ini.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"