Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 03 Februari 2019

Ratusan Peserta Menghadiri Sosialisasi Pancasila Dan UUD45

GUNUNGKIDUL, sorotnuswantoronews,com - Dalam kehidupan sehari hari sebagai warga Negara Republik Indonesia harus menjunjung tinggi nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai Dasar Berbangsa dan Bernegara.

Berdasarkan penelusuran sejarah,Pancasila tidaklah lahir secara mendadak pada tahun 1945,melainkan melalui proses panjang,dengan di dasari oleh sejarah perjuangan bangsa dan dengan melihat pengalaman bangsa lain di dunia,tetapi tetap berakar pada kepribadian dan gagasan besar Indonesia sendiri.

Proses sejarah konseptualisasi Pancasila melintasi rangkaian perjalanan panjang,setidaknya di mulai sejak awal1900-an dalam bentuk rintisan-rintisan untuk mencari sintesis antar idiologi dan gerakan seiring dengan proses penemuan Indonesia sebagai kode kebangsaan bersama(civic nationalism).proses ini di tandai oleh kemunculan berbagai organisasi pergerakan kebangkitan ( Boedi oetomo, SDI, SI, Muhamadiyah, NU, Perhimpunan Indonesia dan lain lain.

Perumusan Konseptualisasi Pancasila di mulai pada masa persidangan pertama Badan penyelidikan Usaha Usaha persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tanggal 29 mei-Juni 1945.

Prinsip Indonesia merdeka dengan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,bahwa prinsip kelima daripada Negara kita ialah Ketuhanan yang berkebudayaan, ke Tuhanan yang berbudi pekerti Luhur,ke Tuhanan yang hormat menghormati satu sama lain. demikian pemaparan Drs.H.A.Hafidh Asrom,MM anggota DPDRI,saat sosialisasi Pancasila di Padukuhan Bulurejo Desa Monggol Kecamatan Saptosari pada minggu (3/2/19).

Reporter : Supriyanto
Editor     : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"