Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 27 Februari 2019

Pejabat Pemkab Tuban Rutin Di Tes Urine, Dukung BNNK

Tuban, sorotnuswantoronews.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten ( BNNK ) Tuban menggelar tes urine yang menyasar pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Tuban, Rabu ( 27/02/2019 ). Tes urine yang di lakukan di Kantor Pemkab Tuban di ikuti Sekretaris Daerah, pimpinan OPD, serta Camat se - Kabupaten Tuban.

Usai mengikuti tes urine, Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., menerangkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Tuban dalam memerangi narkoba. Di libatkannya pejabat merupakan bentuk pertanggung jawaban aparatur terhadap profesinya. Selain itu, sebagai tauladan bagi staf di unit masing - masing serta stakeholdernya.

Sekda menegaskan Pemkab Tuban mendukung sepenuhnya upaya BNNK dalam melaksanakan program kerja dan kegiatannya.

“ Atas nama Pemkab Tuban, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kinerja BNNK Tuban yang terus berupaya memberantas peredaran narkoba di Bumi Wali,” paparnya.


Sekda juga berpesan kepada BNNK dan instansi terkait untuk tetap melaksanakan tes urine kepada pejabat yang hari ini berhalangan hadir.

Lebih lanjut, Sekda menghimbau BNNK Tuban untuk bersinergi dengan OPD, Pemerintah Kecamatan dan Desa. Tujuannya, untuk mengantisipasi adanya perpindahan peredaran narkoba.

“ Yang awalnya di kota, berpindah ke Desa,” paparnya.

Selain itu, juga mengedukasi toko dan penjual obat untuk ikut memberi pemahaman mengenai obat - obat dan bahaya narkoba kepada masyarakat.

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini menginstruksikan kepada pimpinan OPD agar ikut menyosialisasikan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN ) kepada stafnya dan pada kegiatan yang di adakan OPD.

Sementara itu, Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana, SH., menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba yang di lakukan melalui tes urine dan sosialisasi P4GN bagi Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Tuban. Juga sebagai bentuk di seminasi informasi terkait narkoba dan perkembangannya.

“ Tes urine dilakukan bukan untuk ranah hukum, tapi hanya screening awal. Di harapkan para pejabat dapat memberi contoh terhadap bawahan, agar terus memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat,” tambahnya.


Made Arjana mengungkapkan program pemberdayaan masyarakat anti narkoba ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kepedulian terhadap peredaran narkoba. “ Pengguna tidak boleh dijauhi, tapi harus terus di dampingi dan di bina,” terangnya.

Mantan Penyidik BNNP Jatim ini menambahkan bahwa saat ini pihaknya telah memiliki klinik dan telah bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait. Saat ini, BNNK Tuban juga tengah mengembangkan klinik swasta untuk rehabilitasi pengguna narkoba. “ BNNK Tuban terus meningkatkan dan memaksimalkan SDM dan infrastruktur penunjang  lainnya,” pungkasnya.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"