Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 02 Februari 2019

Tim SAR di Aru Berhasil Mengevakuasi 26 Awak Kapal

Kepulauan Aru, Sorotnuswantoronews.com - Sebuah kapal motor milik warga Desa Karawai, Kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku  Gross tone 10 yang mengalami gangguan mesin di perairan laut Ara Fura tepatnya perairan Desa Lau Lau berhasil dievakuasi oleh tim Basarnas Kabupaten Kepulauan Aru, Sabtu (2/1/2019) pagi tadi.

lnformasi yang diperoleh Sorot Nuswantor News, Pukul 13.00 WIT Salah Satu awak kapal/motor tersebut melaporkan Via Telpon (HP) kepada Kantor BPBD Kabupaten Kepulauan Aru, perihal motor desa yang mereka tumpangi mengalami ganguan mesin dan sementara terapung-apung di perairan Desa Lau-lau.

Laporan tersebut langusung dilanjutkan pegawai BPBD Jecky Elson kepada group Sar Kabupaten Kepulauan Aru.

Komandan Lanal Letkol Laut ( P) Saharto Silaban, M.Tr (Hanla) yang menerima informasi itu langsung memerintahkan anggota Basarnas Lanal Aru untuk bergerak cepat menuju titik Lokasi Laka laut yang berjarak - + 12 Nm dengan menggunakan Sea Raider Lanal Aru yang di pimpin Oleh Pasintel Lanal Aru Kapten Mar Mustafa Bugis, dan Speed Milik BPBD kepulauan Aru yang di pimpin oleh Dankie Brimob Subden 2 Plopor, Iptu Mesdila.


Dengan sigap dan cepat, Tim SAR langsung menuju lokasi laka laut dan tiba tepat pukul14.35 WIT dan langsung mengevakuasi sebagian awak kapal ke Searider Lanal Aru dan Speedboat BPBD Kabupaten Kepulauan Aru, untuk di bawa menuju Ke pelabuhan Yos Soedarso Dobo.

Para awak kapal yang dievakuasi terdiri dari Ibu-ibu dan Anak-anak yang mengalami Trauma dan lemas, langsung dilarikan menuju Makotis Lanal Aru untuk di laksanakan pengecekan secara medis Oleh Tim Kesehatan Lanal Aru, selanjutnya korban meninggalkan Lanal Aru.

Untuk diketahi, Kapal/ motor desa Karawai diawaki 26 warga  terdiri dari, 4 Orang .anak, 9 Orang wanita dan 13 pria dewasa ini melakukan pelayaran dari Desa Karawai menuju Kota Dobo pada hari sabtu dini hari. Namun kondisi laut yang bergelombang disertai angin kencang membuat kapal tersebut mengalami gangguan pada bagian mesin dan terapung-apung di perairan Desa Lau Lau.
Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa.

Reporter : Nus Yerusa
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"