Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Selasa, 02 Maret 2021

Perkumpulan Petani Penggiat Porang Nusantara di Gunungkidul Terima SK DPC


Gunungkidul, SNN.com,- Dewan Pimpinan Cabang Pengurus Perkumpulan Petani Penggiat Porang Nusantara  Gunungkidul Resmi terima SK, bertempat di Rumah Bapak Suwarno yang beralamatkan di Trengguni,Sidorejo, Ponjong, Minggu 28/3/2021.

Acara sendiri dihadiri oleh kepengurusan dari 18 Kapanewon yang berada di Gunungkidul ditambah pengurus dan pengawas Koperasi Petani Porang Gunungkidul (KP2G), sedang untuk pembekalan disampaikan oleh Mayor Khoirul Anam Ketua Dewan Pertimbangan DPP P3N.

Adapun Visi dan Misi dari P3N sendiri adalah 
VISI:
Advocation, Conservation, Partisipasion, Real Action.
Makna dari Advocation adalah advokasi atau pendampingan, bermakna perlindungan dan Pendidikan kepada Petani Porang anggota P3N.


Pendamping dalam keseluruhan proses dari pra produksi, masa produksi dan pasca produksi dengan berbagai langkah dan informasi terkait bibit, teknik, budidaya, pasar dll.

CONSERVATION artinya konservasi atau turut serta menjaga kelestarian alam. Dengan prinsip bahwa alam ini adalah warisan bagi anak cucu kita sehingga kita boleh memanfaatkan tetapi jangan merusak alam.

Dengan visi inilah maka boleh di bilang bahwa P3N adalah Lembaga yang konsen dengan pola Organik. Dalam jangka panjang, kalau ada yang cari Porang Organik ya P3N lah tempatnya.

Disamping itu dengan visi ini maka kita tergerak untuk pemanfaatan lahsn lahan kurang produktif.  Lahan bawah naungan dan lahan lahsn kritis untuk bertani porang sekaligus mrnyuburkan kembali lahan- lahan kritis tersebut dengan penanaman porang. Dan bukan sebaliknya kita malah merusak alam.

PARTISIPATION artinya bahwa P3N meminta pertisipasi atau keikut sertaan semua pihak.  di internal P3N kita partisipasi pengurus dan anggota baik DPP, DPD,DPC sampai ranting. Juga mengharap partisipasi aktif semua pihak, seperti pihak pabrik , pihak suplayer, pengepul, petani, pembolang dan siapa saja yang berkaitan dengan porang. Artinya P3N bersifat kebersamaan, Gotong royong, milik bersama dan bukan kewenangan orang perorang.

REAL ACTION artinya bahwa pengurus dan anggota P3N di harap melakukan kerja nyata, bukan hanya bicara atau komen saja. Tetapi nyata menanam, nyata jualan, nyata membeli, nyata produksi. Semua anggta P3N ya petani aktif yang kerja nyata menanam porang 

Adapun Misi atau tujuan P3N sendiri adalah " Tercapainya kemakmuran petani se nusantara".
.

Sementara itu Sumanto yang ditugaskan ketua DPW P3N DIY  sebagai  Pengganti pak Tukiran juga  menyampaikan, bahwa saat ini sudah mengajak kurang lebih sudah lebih seribu petani Porang di Gunungkidul, "imbuhnya.

Perkumpulan petani Penggiat Porang Nusantara kini telah hadir ,dan siap menjadi pendamping, siap conservasi alam , siap berpartisipasi aktif dengan kerja nyata menjadikan Petani Raja. Dan untuk proses bisnis dari hulu sampai hilir akan ditangani Koperasi Petani Porang Gunungkidul, "pungkas Sumanto.

Setelah acara selesai dilanjutkan dengan melihat kebun porang yang berada di tempat Bapak Suwarno.

Repoter : Asih.
Editor     : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"