Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Selasa, 02 November 2021

Upaya Pencarian Korban Tenggelamnya KM Maju IX Belum Membuahkan Hasil


Kepulauan Aru, SNN.com - Hingga hari kelima upaya pencarian oleh tim SAR gabungan terhadap  4 Anak Buah Kapal (ABK) KM Maju IX yang menjadi korban tabrakan Kapal tanker MT New Global di wilayah perairan laut Aru belum juga membuahkan hasil.

Demikian pernyataan resmi yang disampaikan oleh Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada III ( Danguspurla koarmada 3), Laksamana pertama  TNI Ashari Alamsyah, CHRMP kepada media ini di atas KRI Tarakan saat hendak bertolak dari Pelabuhan Yos Sudarso Dobo, Selasa (2/11).

"Kita sudah berupaya melakukan pencarian terhadap 4 ABK KM Maju IX selama lima hari namun ke empat korban kecelakaan laut  belum juga membuahkan hasil," ucapnya.

Menurut Perwira tinggi TNI AL itu, upaya pencaharian selama lima hari di seputaran tempat kejadian bahkan di area bangkai kapal, tidak ditemukan 4 ABK KM Maju IX yang hilang.

"Bahkan Tim penyelam sudah diturunkan untuk menyisir ke dalam kapal namun terkendala banyak rintangan tali dan semua pintu kapal terkunci. Jadi diduga, 4 ABK yang hilang terjebak dalam kapal," tuturnya.


Lanjut dikatakan, kendati 4 ABK KM Maju IX belum ditemukan, namun proses pencarian akan terus  dilaksanakan sesuai SOP SAR.

"Jadi, kita akan terus melakukan pencarian sesuai SOP SAR. Namun jika upaya kita belum membuahkan hasil maka kami sampaikan bela sungkawa," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, KM Maju IX dilaporkan tenggelam akibat bertabrakan dengan Kapal tanker MT New Global yang membawa muatan CPO dari Merauke di sekitar kawasan perairan laut Aru tepatnya sekitar 16 mil laut selatan Pulau Batu Goyang atau tepatnya pada posisi 07.13.201 LS - 134.10.960 BT Jumat (29/10/2021).

Kejadian ini mengakibatkan 4 orang hilang, sementar 28 orang yang berhasil selamat sudah dievakuasi oleh Tim Sea Raider Pangkalan TNI AL ke Dobo, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"