Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 05 Januari 2022

Kick OFF SPPT PBB – P2 2022, Pak YES Ajak Sosialisasikan PBB Sebagai Kebutuhan


Lamongan, SNN.com - Menandai di mulainya pembayaran PBB tahun 2022, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melakukan penekanan tombol cetak SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang) PBB –P2  (Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan), Rabu (4/1) di Gedung Bapenda Kabupaten Lamongan. Acara yang juga dihadiri Wakil Bupati Lamongan KH. Abdul Rouf tersebut, diikuti oleh Kepala UPT  Pengelolaan Pendapatan Daerah se Kabupaten Lamongan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati YES menuturkan, kesadaran masyarakat Lamongan untuk membayar pajak khususnya PBB sudah bagus. Hal tersebut, kata Pak YES dibuktikan dengan tercapainya pembayaran PBB tahun 2022 sebesar 98,14%.  Pak YES menambahkan, terdapat peluang dalam pembayaran PBB yang bisa dimanfaatkan bagi petugas pajak. 

“Kesadaran masyarakat saat ini sudah bagus sehingga membayar pajak merupakan kebutuhan, hal tersebut  seiring dengan PTSL dari BPN terkait sertifikat massal, selain itu juga PBB saat ini merupakan legalitas formal atas bumi dan bangunan yang harus dimiliki oleh masyarakat,” terang pak YES. 

Lebih lanjut pak YES menambahkan di era digital saat ini masyarakat diberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran termasuk pembayaran pajak. Beberapa perbankan seperti Bank jatim, BNI dan Bank Mandiri sudah memfasilitasi pembayaran pajak secara online. Sehingga masyarakat dapat melakukan pembayaran kapan saja secara online melalui retail modern.

“Kemudahan membayar pajak ini juga merupakan salah satu peluang, karena masyarakat dapat melakukan pembayaran kapan saja melalui retail modern. Karenanya terus sosialisasikan kepada masyarakat tentang pembayaran pajak secara online ini. Juga terus sampaikan ke masyarakat tentang pentingnya PBB sebagai legalitas formal sebagaimana sertifikat-sertifikat lainnya, sehingga nantinya membayar PBB merupakan kebutuhan,” ujar Pak YES. 


Bupati YES berharap petugas pajak dapat memanfaatkan potensi dan peluang-peluang tersebut dengan baik, sehingga pembayaran  PBB dapat berjalan lancar dan memenuhi target yang ditetapkan. 

Sementara Kepala Bapenda Kabupaten Lamongan, Ahmad Farikh pada kesemapatan tersebut menuturkan tahun 2022 dilakukan pencetakan SPPT PBB sebanyak 822.743 lembar atau senilai Rp. 44 M. Terdapat peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2021 sebanyak 820.120 lembar.

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"