Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 13 Oktober 2022

Bupati Lumajang : Dirgahayu Jatim, Optimis Jawa Timur Bangkit dan Bergerak


Lumajang, SNN.com - Thoriqul Haq (Cak Thoriq) menjadi instruktur upacara pada peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77, bertempat di Halaman Kantor Bupati Lumajang, Rabu (12/10/2022).

"Dirgahayu Jawa Timur, Optimis Jatim Bangkit, Jawa Timur Bangkit dan Bergerak," ujar bupati.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Jawa Timur yang disampaikan, bupati berpesan, bahwa kini saatnya mengembangkan kembali daya inisiatif, daya kolaborasi dan daya inovasi kita ditengah zaman yang terus bergerak.

"Tiga karakter tersebut yaitu karakter pembentuk daya cipta yakni inovasi, kolaborasi dan inisiatif selanjutnya saya pendekkan sebagai karakter lKl lnisiatif, Kolaborasi dan lnovasi," katanya.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa ketiga hal tersebut menjadi keharusan dalam semangat zaman saat ini, karena pergerakan gagasan, jasa, barang, perdagangan, data dan informasi antar kota, antar bangsa dan negara adalah keniscayaan umat manusia.

"Pada era ketika semua hal bergerak dan tidak ada yang diam, maka komunitas politik negara bangsa atau provinsi dan kota yang sanggup menyatu padukan inisiatif, kolaborasi dan inovasi sebagai daya cipta warganyalah yang dapat tetap hidup dan mengembangkan kehidupan ekonomi, politik dan sosial budayanya lebih manusiawi," terang dia.

Cak Thoriq menambahkan, bahwa setelah recovery dari tantangan dunia yakni gelombang pandemi COVID-19, dunia saat ini menghadapi ancaman baru, ancaman krisis pangan, krisis energi serta krisis keuangan bahkan berpotensi terjadinya resesi dunia, baik akibat Perang Rusia - Ukraina, climate change (perubahan iklim) yang membutuhkan transformasi besar dalam bidang energi yang terbarukan (renewable energy).

"Semua hal itu terkait dengan tantangan yang tidak berhentinya waktu demi waktu, kita perlu melakukan perubahan cara pandang, perubahan cara kerja, perubahan sikap, perubahan mental dan perubahan aksi,"pungkasnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"