Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 05 Oktober 2022

Petani Bojonegoro Tersenyum, Harga Tembakau Melambung Tinggi


Bojonegoro, SNN.com - Petani tembakau di wilayah Kabupaten Bojonegoro sudah masuk masa panen. Harga jual tembakau rajang kering terbilang tinggi dan membuat petani bahagia. Pasalnya, dibanding tahun lalu, harga tembakau tahun ini lumayan lebih baik.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Imam Nur Hamid Arifin menjelaskan harga tembakau di Kabupaten Bojonegoro tahun ini naik. Pasalnya rata-rata harga jual tembakau saat ini mencapai Rp 35.000 hingga Rp 37.000 per kilogram untuk tembakau rajangan kering.

"Harga tersebut untuk tembakau jenis Virginia,  juga jenis jawa yang harganya bersaing," ungkapnya, Rabu (5/10/2022).

Kenaikan harga tersebut, salah satunya, disebabkan karena tahun ini jumlah tanam berkurang dari tahun sebelumnya. Jumlah tanam tahun ini berkurang, yang sebagian disebabkan karena luas tanam berkurang akibat curah hujan.

Ia melanjutkan, guna mendukung para petani tembakau, DKPP juga sudah memberikan bibit tembakau gratis pada 22 Mei lalu. Penyerahan dilakukan di area pembibitan Tembakau Virginia Desa Drokilo Kecamatan Kedungadem.

"Saat itu kita siapkan sebanyak 618 bedengan dan sebagian kecil ada juga tembakau jenis jawa. Dari jumlah volume benih tembakau yang ditanam seberat 2,5 kilogram bibit yang bisa mencakup area 750 hektare. Dan kurang lebih dapat dimanfaatkan lebih dari 1000 petani," pungkasnya.  [Mr/red]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"