Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 12 Oktober 2022

Tim Polda Kaltim Giat Mitigasi Di Kubar, Kompol Totok: Kecamatan Melak Personil Lengkap dan Kompak

Foto dari kiri: Kapolsek Melak IPTU Aluwih, Serka M Anin Tohari mewakili Danramil Melak, Polda Kaltim Kompol Totok Eko Darminto, Camat Melak Mauliddin Said, Kabag OPS Polres Kubar Kompol Jumali.

Kutai Barat, SNN.com – Kepolisian Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Polda-Kaltim) berkunjung ke Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dalam rangka kegiatan Pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Tahun 2022 berlangsung di lantai II Kantor Camat Melak Rabu (12/10/2022).

Dalam kegiatan ini dihadiri belasan peserta dari berbagai elemen baik dari PMK maupun dari pihak perusahaan yang dikirim untuk mengikuti acara tersebut. Tim Mitigasi dari Polda Kaltim dipimpin langsung AKBP Bonifasio Rio Rahadianto, S.I.K Kabagdalops Roops Polda Kaltim selaku Ketua Tim, Kompol Totok Eko Darminto SH Kasubbag Pullahjianta Bagdalops Roops Polda Kaltim selaku Wakil Ketua Tim, AIPTU Isran Pamin Subbagrenmin Roops Polda Kaltim selaku anggota, BRIPKA Helmi Gunawan SH, Banit Roops Polda Kaltim selaku anggota, BRIPKA Bayu Herlambang Banit Roops Polda Kaltim selaku anggota, BRIPTU Maulana Agus Mawardi S.com Banit Roops Polda Kaltim selaku anggota, BRIPTU Isnain SH Banit Roops Polda Kaltim selaku anggota, BRIPTU Angga Pandharko Banit Roops Polda Kaltim selaku anggota, BRIPKA Andhika Nugroho Banit Roops Polda Kaltim selaku anggota.

Dalam melaksanakan kegiatan Mitigasi di Kecamatan Melak dipimpin Kompol Totok Eko Darminto SH Kasubbag Pullahjianta Bagdalops Roops Polda Kaltim selaku Wakil Ketua Tim di dampingi Kompol Jumali Kabag Ops Polres Kubar, Camat Melak Mauliddin Said, Kapolsek Melak IPTU Aluwih serta Danramil Melak.

Sebelumnya. Tim Mitigasi telah melakukan pengecekan kesiapan personil dan peralatan penanganan Karhutla di Posko Dalkarhutla di kecamatan Muara Lawa sekaligus melibatkan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan dan Kehutanan serta Stakeholder terkait Darkarhutla, kemudian lanjut di kecamatan Damai, kecamatan linggang Bigung dan kecamatan Barong Tongkok.


Kunjungan Tim Polda Kaltim dalam rangka giat Mitigasi atau serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Kompol Totok Eko Darminto menyebutkan, dalam kegiatan Mitigasi Karhutla ini sudah terjadwal.

“Ini kegiatan Mitigasi Karhutla dan sekaligus melakukan pengecekan Posko Terpadu pencegahan terjadinya Karhutla di Polsek Melak meliputi tiga kecamatan yaitu kecamatan Melak, kecamatan Mook Manar Bulatn (MMB) dan kecamatan Sekolaq Darat,” Ujar Kompol Totok.

Camat Melak Mauliddin Said juga menjelaskan kepada Kompol Totok tentang Pasukan Mencegah Kebakaran (PMK) khususnya di kecamatan Melak, terutama dalam Surat Keputusan (SK) penempatan sebagai Tenaga Kerja Kontrak (TKK) itu sebenarnya mereka adalah Sat Pol PP.

“Sebenarnya mereka itu adalah Sat Pol PP, namun di tugaskanlah untuk bagaimana menanggulangi jika terjadi kebakaran di kecamatan Melak, kemudian, sarana dan prasarana mereka ini cukup minim hanya memiliki truk dan pic-up, belum lagi soal custom atau seragam, saya merasa sangat prihatin, jadi mereka ini jika ada insiden kebakaran nekad aja datang meski alat perlengkapan tidak ada, belum lagi bicara posko juga tidak ada, jadi kami dari pihak kecamatan meyiapkanlah tempat itu untuk dijadikan posko meski tempat itu sebenarnya tidak layak, “ Keluh Mauliddin.

Masih kata Mauliddin, “Jadi kebutuhan air, listrik semua kami yang pasilitasi, artinya kita kembali ke BPBD Kubar itu sebenarnya, dan status mereka-mereka ini bagaimana? Kelengkapan-kelengkapan mereka bagaimana? termasuk juga kebutuhan rutin seperti Kopi, Gula dan makan mereka juga tidak disediakan dan itu menjadi perhatian kita, jadi PMK di Melak ini minim semua, status mereka juga tidak jelas jadi saya meminta kepada pak Kompol Totok bagaimana mem-follow-up ini, meletakkan status mereka ini, artinya ya kita minta penjelasan BPBD Kubar, kalau mereka ini anggota BPBD khususnya pencegahan ya di pencegahan, “ Tegas Mauliddin Camat Melak.


Kompol Totok Eko Darminto juga menambahkan, “Kegiatan semacam ini memang sudah terjadual masing-masing Polsek maupun Polres yang ada hotspot atau titik api nya kita kunjungi dan kita data kemudian diberikan pengarahan dan solusi melaksanakannya apabila terjadi kebakaran, tujuannya agar terjadi sinergitas antar petugas dan peralatan dan sekaligus mengecek peralatan dan personil, “Kata Kompol Totok.

Lebih lanjut, “Untuk diwilayah Polsek Melak sendiri kita melihat personilnya lengkap dan kompak maupun peralatan sudah lengkap semua tinggal sinergitas di lalapangan, “ Pungkas Kompol Totok Eko Darminto SH Kasubbag Pullahjianta Bagdalops Roops Polda Kaltim yang juga wakil ketua Tim.

Reporter : Johansyah.
Editor      : Wafa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"