Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 06 Januari 2023

Kapolda Kaltim Hadir Di Bumi Tana Purai Ngeriman. Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto : Tingkatkan Kebersamaan, Kepedulian Dan Kerjasama Menjaga Kodusifitas Kamtibmas


Kutai Barat, SNN.com - Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Kaltim Ny. Ade Imam Sugianto dan Waka Polda Kaltim Brigjen. Pol Drs. Mujiono, SH., M.Hum didampingi wakil Ketua Bhayangkari Daerah Kaltim Ny. Rika Mujiono bersama rombongan pejabat utama Polda Kaltim tiba di Kutai Barat.

Kedatangan orang nomor satu di institusi Polri Daerah Kalimantan Timur ini kali pertama tiba di Bumi Tana Purai Ngeriman Sendawar dalam rangka kunjugan kerja. Tampak hadir Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan, Wakil Bupati H. Edyanto Arkan, Kajari Kubar Bayu Pramesti, Ketua DPRD Ridwai, Dandim 0912/Kubar, Ketua Pengadilan Negeri, tokoh masyarakat, pemuka agama, lintas ormas dan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Mako Polres Kubar Kamis (5/1/2023).

Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman dalam sambutannya diawali dengan Berpantun.
“Buah Randu Hilang Di Pohon Ladang.
“Randu Tapak Di Dapat Dari Ladang.
“Sakit Rindu Personel Polres Kubar Telah Hilang.
“Mendengar Bapak Kapolda dan Rombongan Telah Datang, “ Begitulah bunyi pantun AKBP Heri Rusyaman hingga membuat Kapolda Kaltim tertawa riang dan seluruh undangan lainnya terhibur.

Di hadapan Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto. Kapolres Kubar AKBP Heri Rusyaman meyakinkan bahwa hingga saat ini Kutai Barat masih dalam suasana kondusif, aman, nyaman dan damai, dan ia pun berjanji kedepannya akan lebih baik lagi.

“Mudahan kedepan kami Polres Kubar di tahun 2023 akan membawa perubahan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Dengan tugas pokok sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat tentunya ini menjadikan modal landasan kami untuk melayani masyarakat khususnya di Kutai Barat agar kedepannya lebih sukses dan lebih makmur. “ tegas Kapolres.


Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si mengawali sambutannya mengucapkan, dengan diberikannya gelar oleh adat suku Dayak ini merupakan gelar tertinggi.

“Kami beserta wakapolda bahwa hari ini merupakan hari yang sangat istimewa dimana kehadiran kami disambut sekaligus penganugerahan gelar adat dari saudara kami suku Dayak ini adalah gelar yang tertinggi saya merasa tersanjung. Saya dan wakapolda dan segenap pejabat utama polda termasuk polres Kubar sudah menjadi keluarga besar dari masyarakat adat Dayak di Kutai Barat ini “ ujar Kapolda seraya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Manar Dimansyah ketua Lembaga Adat Kabupaten.

Sebelumnya, dengan hal sama. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dianugerahi gelar warga kehormatan utama dari Majelis Adat Dayak Indonesia 15 Oktober 2022. Yakni Penganugrahan gelar Warga Kehormatan Utama itu dilakukan di Titik Nol Ibu Kota Negara Nusantara atau IKN, Penajam Paser Utara,
Kalimantan Timur.

“Bulan lalu bapak Kapolri juga sudah dinobatkan sebagai warga kehormatan masyarakat adat Dayak nasional. Jalinan silaturahim ini perlu kita kembangkan kepada masyarakat-masyarakat suku lain dengan harapan apabila itu bisa kita raih sehingga perbedaan-perbedaan yang ada itu bisa kita eliminir dan terbangun harmonisasi kebersamaan, " kata Kapolda.

Lebih lanjut, Imam juga berpesan khususnya kepada Bupati Fx Yapan dan unsur forkopimda dan segenap element masyarakat Kutai Barat agar terus menjalin kebersamaan.

“Semoga kebersamaan kita hari ini menjadi momentum bagi kita sekalian untuk terus meningkatkan kebersamaan dan kepedulian serta menjalin kerjasama yang baik dalam menjaga kondusifitas kamtibmas di Kutai Barat sebagai prasyarat untuk bapak Bupati dan segenap unsur forkopimda supaya dalam mensejahterakan masyarakat Kubar tidak ada halangan yang berarti, “ harap Kapolda Kaltim kepada Bupati Kubar Fx Yapan.

Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto pun sedikit menuturkan apa yang terjadi di ujung timur seperti di Papua Barat yang sampai ini masih bergelut untuk menyamakan persepsi.

“Kita lihat betapa saudara-saudara kita diujung timur Papua Barat yang sudah menjadi beberapa provinsi sampai saat ini masih bergelut untuk menyamakan persepsi bagaimana pengelolaan diwilayah provinsi Papua itu benar-benar bisa dijalankan dengan baik.

Lebih lanjut. "Kita patut bersyukur di Kalimantan Timur ini Alhamdulillah keberkahan, kenikmatan oleh Allah SWT betul-betul dilimpahkan, disini situasinya betul-betul kondusif, masyarakat bekerja dengan nyaman dan tenang dan kejadian-kejadian menonjol disini relative hampir boleh dikatakan tidak ada.

Kalau kita lihat lebih dalam lagi di Kubar pada tahun yang lalu ada gejolak sedikit yang itu hampir saja, kemudian adanya kejadian konplik horizontal tapi alhamdulillah dengan kebersamaan pak Bupati dan unsur forkopimda yang lain termasuk tokoh masyarakat, tokoh adat sehingga persoalan yang akan muncul bisa di selesaikan dengan penuh kekeluagaan.

“Melalui pertemuan ini saya selaku pimpinan dalam pengeloaan situasi keamanaan di Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas kebersamaan itu sehingga kondusifitas, situasi di Kutai Barat ini bisa di jaga dipelihara dengan baik, pungkas Kapolda Kalimantan Timur  Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si.

Bupati Kutai Barat Fx Yapan yang memang memiliki keahlian dalam berpantun ini seperti biasa sebelum menyampaikan sambutannya di hadapan Kapolda dan Waka Polda Kaltim dan seluruh hadirin yang hadir melantunkan Pantun andalannya yuk!! Kita dengar.

“Pohon Jati Ditebang Petani.
“Pohon Jati Di Jadikan Peti.
“Bapak Kapolda Sama Rombongan Datang Kesini.
“Karena Bapak Kapolda Baik Hati, “ Begitulah bunyi pantun Bupati 2 periode Fx Yapan yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar hingga membuat gelak tawa Kapolda dan wakapolda Kaltim dan seluruh undangan dalam acara ramah tamah.

Dalam sambutannya. Bupati Kutai Barat FX Yapan SH mengatakan dengan kedatangan Kapolda Kaltim dan rombongan tentu memberi kekuatan, motivasi  dan inovasi bagi pemerintah Kutai Barat ke depan dan ini merupakan saat yang dinanti-nantikan.
“Dan memang ini yang kami tunggu-tunggu bapak Kapolda, dan saya sudah menyampaikan pesan dengan pak Kapolres tolong supaya pak Kapolda sempat berkunjug ke Kutai Barat, " pinta FX Yapan.

Masih kata Bupati. "Untuk kamtibmas Kutai Barat sangat-sangat aman, damai dan tentram walaupun ada krikil-krikil kecil kami bersama pak Kapolres, bersama Dandim dan seluruh forkopimda dan seluruh tokoh masyarakat bisa bekerjasama, bahu membahu dan bisa saling berkoordinasi dan berkomunikasi sehingga Kutai Barat damai dan tenteram dan itu merupakan cita-cita kami karena membangun suatu daerah itu adalah modal utama masalah kamtibmas, “ tegas Bupati Yapan.

Mengakhiri sambutannya. Bupati Fx Yapan yang dikenal tegas namun baik hati ini dengan tulus menyampaikan kepada Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si terkait Kutai Barat.

“Saya tidak mampu membangun Kutai Barat pakai kekuatan sendiri, tetapi dengan adanya Polres, Kodim dan forkopimda sehingga saya sangat terbantu sekali baik kedepan maupun yang sudah berlalu kami bisa bersama-sama saling berkoordinasi, saling berkomunikasi dan mudah-mudahan ke depannya lebih baik lagi, “ tutup Bupati Kubar FX Yapan politikus PDI Perjuangan. 

Pewarta : Sukawati S
Editor     : Wafa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"