Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 03 Maret 2021

Indikasi Penggunaan “Ijazah Palsu” Bakal Calon Kepala Desa di Soroti LSM Siliwangi


Probolinggo, SNN.com - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang di ikuti sebanyak 62 desa di Kabupaten Probolinggo pada Bulan Mei 2021, menjadi sorotan publik.

Bahkan aparat penegak hukum (Polres Probolinggo) dalam keterangan Pers nya beberapa waktu lalu meminta kepada Bakal Calon Kepala Desa agar dalam memenuhi kelengkapan persyaratan administratif 
Calon Kepala Desa, tidak menggunakan ijazah palsu. Sebab, hal itu bisa berimbas kepada sangsi pidana.

Hal serupa juga dikemukakan oleh pegiat sosial dari LSM Siliwangi. Lembaga Swadaya Masyarakat yang dikomandoi Syaiful Bahri ini mengatakan, penggunaan ijazah palsu dalam Pilkades kemungkinan besar bisa terjadi.
 
Namun hal itu bisa diantisipasi oleh Panitia Pilkades dengan betul-betul selektif dalam mengkaji kelengkapan dan keabsahan persyaratan Calon Kepala Desa sesuai amanat Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

“Dalam meneliti kelengkapan dan keabsahan administrasi pencalonan, panitia pemilihan wajib melakukan klarifikasi pada instansi yang berwenang. Klarifikasi itu dalam upaya melakukan pembuktian keabsahan berkas persyaratan administratif bakal calon. 
Dalam konteks ini, panitia pemilihan membuat surat permohonan kepada instansi yang berwenang untuk mendapatkan keterangan secara tertulis. ini bukan pendapat pribadi Saya, tetapi aturan terkaitnya berbunyi seperti itu,” jelas Syaiful Bahri, saat di temui di wisma LSM Siliwangi, Rabu, (3/3/2021) sore.

Masih seputar Pilkades, LSM Siliwangi juga berharap agar Panitia Pilkades bisa menjaga netralitas dalam menjalankan tugas. Jangan sampai ada perlakuan diskriminatif terhadap Bakal Calon Kepala Desa tertentu. Semua bakal calon wajib mendapatkan pelayanan dan hak yang sama. 

“Kami mengajak segenap elemen masyarakat agar turut serta menjaga kondusifitas demi suksesnya pelaksanaan Pilkades Bulan Mei 2021,” pungkasnya.

Reporter: Team SNN.Com
Editor.     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"