Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 28 Agustus 2021

BLKK MWC NU Kecamatan Randublatung Fokus Sebagai Balai Pelatihan Kejuruan Desain Mode dan Tekstil


Blora, SNN.com - Bupati Arief Rohman, S.IP., M.Si pada Sabtu pagi, (28/8/2021) meresmikan Gedung Balai Latihan Kerja Komunitas Majelis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama (BLKK MWCNU) Kecamatan  Randublatung, Kab. Blora. Balai tersebut berfokus pada pelatihan kejuruan desain mode dan tekstil.

Bupati melakukan penandatangan prasasti dan pemotongan tumpeng sebagai tanda diresmikannya gedung BLKK yang berada di Kelurahan Wulung (utara SMAN 1 Randublatung). Bupati Arief bahkan meninjau fasilitas-fasilitas dan menyapa para peserta pelatihan kerja.

Beberapa karya hasil jahitan bahkan menarik perhatian Bupati Arief Rohman, dirinya mengapresiasi hasil karya jahitan yang menurutnya sudah bagus.

Disampaikannya, agar desa-desa yang ada di Randublatung dapat mengirimkan perwakilan SDM nya untuk dilatih di BLKK MWC NU ini.

“Hasil jahitannya tadi luar biasa saya lihat, ini BLK untuk menjahit dan fashion desain. Semoga nanti ini bisa di tularkan di Randublatung, masing-masing desa mengirimkan perwakilannya untuk di Diklat disini,” papar Bupati. 

“Ilmunya tolong dibagi, tolong dilatih para generasi muda ini, dan Kepala Dinperinaker untuk jumlah (peserta) juga ditingkatkan” sambungnya. 


Pada kesempatan tersebut, Bupati Arief melalui menyampaikan terimakasihnya pada Menteri Tenaga Kerja RI yang telah memberikan dukungan pelatihan bagi warga Blora.

“Bu Menteri Dr Ida Fauziyah pagi hari ini saya di BLKK MWC NU Randublatung, Kab. Blora, yang mana ibu-ibu semua ini, muslimat, fatayat, berkreasi membuat baju hasilnya bagus. Terimakasih sudah dibantu untuk mesin jahit, ada bordir, obras, dan sebagainya. Semoga bermanfaat, terimakasih Ibu Menteri” ucapnya

Usai meresmikan, nampak Bupati Arief juga tengah mengukur ukuran pakaian yang akan dipesannya di BLKK MWC NU tersebut, Bupati Arief bahkan siap untuk membantu mempromosikannya.

“Saya pengin dijahitkan kira-kira bagaimana, saya kasih contoh modelnya. Tolong dijahitkan. Kalau lulus nanti akan saya promosikan ke pejabat-pejabat lainnya.” Tambahnya. 

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan terimakasih kepada MWCNU Randublatung yang sudah memberikan perannya dalam rangka ikut bersama-sama pemerintah membangun Kab. Blora. Termasuk dalam rangka pengembangan SDM untuk lebih maju dan mandiri.

“Saya harapkan kedepan terus bersinergi dengan semua sektor, kita bersama-sama mengawal program yang sudah kita program bersama” pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua BLKK MWC NU Randublatung, Wasidi M.Pd.I mengungkapkan bahwa BLKK tersebut dipercaya Pemerintah Pusat yang mana pada tahun 2020 menerima bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja  RI yaitu sarana gedung dan peralatannya senilai Rp 848juta.

“Alhamdulillah semua peralatan dikirim dari Pusat semua sudah menggunkan teknologi canggih semua. Ada mesin jahit, mesin obras sekaligus mesin bordir,” ungkap Ketua BLKK. 

“Dan insyaallah ini nanti kita ciptakan generasi generasi muda, fatayat muslimat dan sebagainya, setiap angkatan latihan kerja sebanyak 16 peserta,” lanjutnya. 


Rencananya, dari alumni peserta latihan tersebut akan dijadikan binaan calon usaha konveksi di Randublatung. 

“Dari 16 peserta sudah dikumpulkan menjadi tiga kelompok menjadi binaan calon konveksi di MWC NU Randublatung, nantinya tahun depan memiliki tiga kelompok, satu di Desa Kediren, Kadengan, dan Pilang. Ini nanti menjadi binaan selaku cikal bakal konveksi yang ada di Randublatung” jelasnya

Dari segi pelatih, Wasidi juga menambahkan bahwa salah satu instruktur yang ada di BLKK ini sudah didiklat di Bandung selama 48 hari, yaitu atas nama Romli dan menjadi juara satu tingkat nasional. 

“Diakhir pembelajaran peserta juga diajak untuk mengunjungi perusahan konveksi yang memiliki skala besar yang ada di Blora. Diharapkan mereka dapat termotivasi dan memiliki minat mengembangkan potensinya,”pungkasnya

Turut hadir pada acara tersebut Plt Kepala Dinperinaker Blora, Camat dan Forkopimcam Randublatung, Perwakilan PCNU Blora, pimpinan dan pengurus MWC NU Randublatung.

Reporter : Lukman
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"