Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Rabu, 18 Agustus 2021

Prodi Hukum PSDKU Aru Rayakan HUT RI ke - 76


Kepulauan Aru, SNN.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke - 76,  Fakultas Hukum Universitas Pattimura Ambon melalui Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten Kepulauan Aru melaksanakan upacara penancapan Bendera Merah Putih, sekaligus proses penaburan bunga.  

Pantauan sorotnuswantoronew.com di Dobo, Selasa (17/8/2021) upacara penancapan Bendera Merah Putih tersebut dilaksanakan di lapangan futsal PSDKU Aru yang dihadiri oleh seluruh pengelola PSDKU, para Dosen Fakultas Hukum PSDKU, seluruh mahasiswa Fakultas Hukum PSDKU dan tamu undangan. 

Usai upacara penancapan Bendera Merah Putih, seluruh peserta upacara berarak-arakan menuju pantai Desa Wangel untuk prosesi penaburan bunga untuk mengenag jasa Pahlawan Yos Sudarso dan para pahlawan yang telah gugur dalam medan pertempuran melawan penjajah saat merebut kemerdekaan.   

Sekretaris Prodi Hukum, Johan P. E. Rumangun kepada sorotnuswantoronews mengatakan, keikutsertaan PSDKU Aru  memperingati kemerdekaan Republik Indonesia (RI) baru pertama kali dilakukan pada hut RI ke -76 yang digagas oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) bersama para dosen Fakultas Hukum di PSDKU Aru. 

“Ya memang, keikut sertaan PSDKU Aru secara umum dan Prodi Hukum secara khusus dalam memperingati HUT RI baru pertama. Jadi selaku Sekretaris Prodi Hukum mewakili pimpinan Prodi dan seluruh dosen hukum di Kampus utama (Unpatti) maupun di PSDKU Aru mengapresiasi HMPS yang sudah berupaya untuk turut terlibat dalam hur RI ke-76 ini,”ungkapnya.


Selain itu, kata Rumangun makna utama Prodi Hukum PSDKU Aru terlibat dalam memperingati moment bersejarah bangsa ini di bawa sorotan tema “Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh,” maka diharapkan pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Terluar) di Indonesia, seperti di Kepulauan Aru dapat tumbuh, tangguh, berkembang serta berkualitas seperti di daerah-daerah lain di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  

“Harapan kami ya, dengan semangat kemerdekaan RI ke-76, dibawa sorotan tema “Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh” maka pendidikan di daerah 3T seperti Aru dapat diperhatikan dengan baik, sehingga setara dengan daerah-daerah lain di NKRI ini,”harapnya.

Rumangunpun berpesan kepada seluruh mahasiswa Prodi Hukum PSDKU Aru, agar momen perayaan hut kemerdekaan RI ke-76 kali ini, jangan hanya dijadikan sebagai kegiatan seremonial semata, akan tetapi mengambil hikmah serta makna penting dari sorotan tema hut kemerdekaan tersebut. 

Sebab, menurutnya, tujuannya adalah untuk memacu mahasiswa mengejar ilmu dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di darah 3T, khusunya di Kepulauan Aru. 

“Ya kalau SDM kita mau setara dengan daerah lain, maka jadikan tema HUT kemerdekaan itu sebagai motivasi untuk meningkatkan SDM di Kepulauan Aru tercinta ini,”pesannya. 

Reporter : Nus Yerusa/Wal
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"