Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 31 Agustus 2021

Unpatti Gelar Rapat Senat Wisudawan PSDKU Aru


Kepulauan Aru, SNN.com - Universitas Pattimura menggelar acara rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka wisuda sarjana program studi diluar kampus utama di Kabupaten Kepulauan Aru periode Agustus 2021, Selasa (31/8).

Pantauan sorotnuswantoronews.com, hadir dalam acara rapat senat yang bertempat di aula Cendrawasi Aru tersebut diantaranya, Sekretaris PSDKU, Prof. Dr. T. G. Ratumanan, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. F. Leiwakabessy, Sekretaris Senat, Prof. Dr. Z. Notanubun, Pengelola PSDKU Aru, Dr. Th. Watuguly, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Muin Sogalrey, para dosen di lingkup PSDKU Aru, AKP. Ricky Maitimu (perwakilan Polres Aru), Danramil 1503-03 Dobo, Kapten Inf. Bakri Renhoat, para rohaniawan, para wisudawan serta tamu undangan. 

Rektor Unpatti, Prof. Dr. M. J. Saptenno dalam sambutanya yang disampaikan melalui virtual berharap 56 wisudawan dari masing-masing program studi, yakni Hukum (23 orang), Bahasa Inggris (3 orang), PGSD (5 orang), Matematika (7 orang) dan Akuntansi (18 orang), agar kedepannya mampu menjadi sarjana yang berintelektual ditengah-tengah masyarakag serta menjadi pembaruan bagi bangsa dan negara. Terutama mendorong pertumbuhan ekonomi di Maluku secara umum dan daerah secara khusus pada masa pandemi sekarang ini. 

"Kita harapan kedepannya 56 sarjana dari masing-masing program studi ini dapat menjadi sarjana yang intelektual serta pembaruan bagi bangsa dan negara,"ucapnya 

Saptenno juga mengajak semua sivitas akademka Unpatti, agar bersama-sama memanjatkan puji syukur kepada Tuhan yang maha kuasa karena begitu besar tuntutan dan penyertaanNya, sehingga Unpatti dapat menggelar acara rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka wisuda sarjana program studi baik di kampus utama (Unpatti) maupun diluar kampus utama (Aru dan MBD) periode Agustus 2021. Walaupun, tambah Saptenno, dalam kondisi pandemik Covid-19, akan tetapi Unpatti tidak kendor semangatnya dalam proses perkuliahan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Maluku yang intelektual. Dan hal itu terbukti dalam tahun ini Unpatti telah mewisudakan kurang seribu lebih wisudawan yang berkualitas. 

"Saya mau ajak kita semua sivitas akademika untuk ada dalam ucapan syukur kepada Tuhan, karena begitu besar kasih dan tuntunannya kita berhasil melepaskan SDM yang intelektual walaupun kita sementara dalam situasi pandemik Covid-19 yang sangat menyita waktu dan aktivitas kita bersama,"ajaknya

Selain itu, Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey dalam smbutannya mewakili Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru telah berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing. Sehingga dapat memberikan bekal untuk perwujudan masyarakat yang memiliki akhlak dan pengetahuan luas, dan melahirkan SDM dengan keterampilan khusus yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan. 

"Dari periode pertama saya dan pak Bupati pimpin daerah ini, kami sudah punya komitmen untuk menghadirkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas, karena sangat penting untuk menciptakan SDM yang unggul sesuai tuntutan lapangan,"tandasnya 


Dikatakan lanjut, ketersediaan SDM yang handal, baik dari segi jumlah maupun mutu, merupakan tantangan terbesar yang sementara kita hadapi sekarang. Sehingga diharapkan, SDM Aru kedepan mampu kuasai teknologi, cerdas dan inovatif sehingga mampu memanfaatkan sumberdaya alam secara bijaksana, serta jelih melihat peluang dan merebut berbagai kesempatan sosial ekonomi yang tersedia.

"Jadi, SDM yang kita cita-citakan adalah harus teguh iman dan moralnya, demokratis, toleran, patuh pada hukum, bangga akan kebudayaan dan jati dirinya dan menjadi pelaku pembangunan yang disegani dan diteladani oleh masyarakat,"pungkasnya 

Selain itu Wakil Bupati dua periode itu katakan, sebagai lembaga pendidikan tertinggi dan terbesar di Provinsi Maluku, Unpatti selama ini tak henti-hentinya beruapaya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Maluku. Hal ini terlihat dari program Merdeka Belajar Kampus (MBK) yang dilakukan secara bertahap. Dan program seperti inu harus terus dikembangkan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya, baik negeri maupun swasta. 

"Ya, kita semua berharap Unpatti sebagai lembaga pendidikan tinggi terbesar di 
Provinsi Maluku dalam upaya melakukan program MBKsecara bertahap terus dikembangkan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi lain, baik negeri maupun swasta, agar dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi 
lainnya di Indonesia,"katanya 

Untuk itu menurut dia, perlu dilakukan beberapa langkah strategis untuk lebih memberikan tempat bagi metode belajar-mengajar yang digital serta meningkatkan kompetensi dari lulusan Unpatti, khususnya PSDKU Aru agar sesuai kebutuhan dunia kerja di Kepulauan Aru secara khusus. 

"Saya berharap PSDKU Unpatti di Aru dapat menghasilkan SDM yang berkualitas dan bermartabat dalam rangka menghadapi tantangan peradaban global, dengan upaya memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mempermudah akses konektivitas dan membuat persaingan makin terbuka, terutama
kehandalan SDM di daerah ini yang berperan menjadi tokoh sentral dalam 
era globalisasi,"ungkapnya

Dia juga berharap, kepada seluruh civitas akademika di PSDKU Unpatti agar dapat 
membangun kerjasama dengan pemerintah dalam kewaspadaan 
terhadap krisis kesehatan global yang diakibatkan oleh Pandemi 
Covid-19.

"Saya sangat berharap, civitas akademika di PSDKU Unptti di Aru dapat membangun kerjasama dengan pemerintah ya, dalam memanilisir krisis kesehatan global akibat pandemi Covid-19 saat ini. Kalau kita bangun kerjasama yang baik, maka daerah kita akan aman dari Covid-19,"harapnya. 

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"