Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Jumat, 27 Agustus 2021

Lanal Aru Gelar Syukuran HUT Jalasenastri ke - 75 Cabang 4 Korcab IX Dja III


Kepulauan Aru, SNN.com - Pangkalan TNI AL (Lanal) Aru menggelar acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Jalasenastri ke -75 Cabang 4 Korcab IX Dja III/Lanal Aru, Jumat,  27 Agustus 2021.

Acara syukuran tersebut dilaksanakan di ruang rapat, tepatnya antai II Mako Lanal Aru, Desa Durjela, Kecamatan  Pulau - pulau Aru dengan mengambil Tema : *"Jalasenastri Berperan Serta Mewujudkan Keluarga Yang Tangguh, Produktif, dan Inovatif Dimasa Pandemik Covid-19 Menuju Indonesia Maju".*

Hadir, Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H,.M.Tr. Hanla,.M.M, Ketua Jalasenastri Cab 4 DJA III Lanal Aru, Ny. Yuli Astuti, S.E, Pabinhar Lanal Aru Letda Laut (S) Ruji Arifin, seluruh Prajurit Lanal Aru beserta Ibu-ibu Jalasenastri Cab 4 Korcab IX DJA/Lanal Aru.

Pantauan media ini, kendati pelaksanaan acara syukuran kali ini dilaksanakan ditengah Pandemik Covid - 19 sehingga acaranya  sederhana, namun penuh hikma.


Ketua  Jalasenastri Cab 4 Korcab IX DJA/Lanal Aru, Ny. Yuli Astuti Roziqin, S.E, dalam sambutannya mengatakan, tujuh puluh lima tahun bukanlah waktu yang singkat, dan merupakan perjalanan panjang pengabdian Jalasenastri sebagai organisasi istri Prajurit TNI Angkatan Laut yang telah turut dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan Prajurit TNI Angkatan Laut dan keluarga.
 
"Karena, Jalasenatri sebagai organisasi sosial yang tetap konsisten untuk meningkatkan kepedulian sosial baik dibidang pendidikan, budaya, kesehatan, dan ekonomi," ucapnya.

Istri orang nomor satu di Lanal Aru itu menjelaskan, dibidang sosial, pendidikan, dan kesehatan, Jalasenatri Lanal Aru telah membantu terlaksananya pelaksanaan Vaksin dengan sasaran anak - anak usia 12-17 Tahun, anggota Jalasenatri, dan keluarga besar Lanal Aru serta masyarakat sekitar Jalasenatri.

"Jalasenatri juga melaksanakan donor darah, pemeberian sembako kepada masyarakat  yang kurang mampu, pemberian tali asih kepada anak- anak berkebutuhan khusus serta memberikan bantuan berupa beasiswa pendidikan," jelasnya.


Lanjut, di bidang ekonomi, Jalasenatri juga berupaya memacu kreatifitas dan inovasi anggota agar menghasilkan karya - karya yang bisa membantu perekonomian keluarga melalui pelatihan - pelatihan ketrampilan baik secara tatap muka maupun virtual.

Lebih lanjut Istri orang nomor satu di Lanal Aru itu menghimbau kepada seluruh ibu - ibu Jalasenastri Cab 4 Korcab IX DJA/Lanal Aru untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta senantiasa menjaga kehormatan keluarga dan organisasi.

"Tingkatkan kemampuan dan penguasaan pengetahuan, ketrampilan untuk menyempurnakan peran ibu - ibu baik sebagai ibu rumah tangga maupun dalam mendampingi suami dimanapun bertugas. Hindari gaya hidup hedonis dan konsumtif.  Hiduplah sesuai Strata dan penghasilan suami, bukan sesuai kemauan dan selera," tuturnya.

Dikatakan pula bahwa, sebagai seorang istri prajurit TNI AL, menjaga diri dan anak - anak serta keluarganya untuk tidak melakukan pelanggaran hukum seperti KDRT, dan penyalahgunaan narkoba karena  ibu prajurit TNI AL adalah figur dan tauladan bagi anak-anak yang harus dijaga demi nama baik diri sendiri, organisasi dan kesatuan.

Selain itu, tingkatkan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu melaksanakan  protokol kesehatan yaitu 4M (Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan hindari kerumunan).

Sementara Danlanal Aru, Lanal Aru Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H,.M.Tr. Hanla,.M.M selaku pembina jalasenastri Cab 4 Korcab IX DJA/Lanal Aru, dalam kesempatan itu mengatakan, Peringatan HUT ke-75 Jalasenastri Tahun ini mengambil tema Jalasenastri Berperanserta mewujudkan keluarga yang tangguh produktif dan inovatif di masa pandemi covid 19 menuju Indonesia maju

Visi pemerintah dalam pembangunan nasional adalah sumber daya manusia unggul untuk Indonesia maju. Dengan demikian, sumber daya manusia telah menjadi prioritas pemerintah dalam membangun sumber daya manusia Indonesia tidak dapat hanya fokus pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi saja namun juga harus diimbangi dengan pembekalan keterampilan serta pembentukan karakter yang tangguh dan berbudi pekerti dilandasi oleh Ketuhanan yang Maha Esa serta nilai-nilai moral Pancasila. 

"Nah, Pembentukan karakter memerlukan upah inovatif dan dilaksanakan secara terus-menerus dan hendaknya dimulai dari tingkat terkecil dalam hal ini adalah keluarga dari keluarga kita dapat mendapatkan pengetahuan tentang etika sopan santun kejujuran kerja keras serta norma norma norma kehidupan lainnya," ucap Danlanal.


Dikatakan pula bahwa,  pada situasi seperti saat ini, anggota Jalasenastri dalam membina keluarga prajurit dituntut untuk menjadi wanita yang tangguh produktif dan inovatif dalam mengemban berbagai peran sekaligus di samping peran utamanya sebagai seorang istri prajurit TNI AL.

Seorang anggota Jalasenastri sebagai tiang dalam keluarga akan menciptakan keluarga yang bahagia. seorang anggota Jalasenastri juga merupakan pilar utama bangsa akan mencetak generasi muda yang berkualitas peran sentral dan strategis tersebut merupakan suatu tantangan bagi kelasnya sebagai organisasi dinas ekstra struktural untuk dapat menyelaraskan dan menyeimbangkan.

Maka, besar harapan saya selaku pemimpin Pangkalan TNI Angkatan Laut Aru, organisasi Jalasenatri ini dapat mendukung suami dalam pengabdiannya kepada negara, dapat mewujudkan suasana kekeluargaan diantara anggota Jalasenastri dan dapat meningkatkan kualitas anggotanya serta untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga anggotanya. 

"Pada kesempatan yang baik ini saya atas nama pribadi dan seluruh jajaran TNI Angkatan Laut mengucapkan selamat hari ulang tahun yang ke 75 Jalasenastri tahun 2021 kepada segenap anggota Jalasenastri di manapun berada Semoga segala pengabdian Jalasenastri dalam mensejahterakan keluarga Angkatan Laut dapat mendorong terwujudnya Indonesia maju. saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada ketua umum Jalasenastri dan seluruh pengurus Jalasenastri serta kepada seluruh anggota Jalasenastri atas dedikasi dan semangat yang tinggi dalam mengawaki organisasi TNI serta atas kesetiaan Jalasenastri dalam mendampingi suami untuk terus mengabdi kepada bangsa dan negara," ungkap Danlanal.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"