Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 04 September 2021

Sosialisasi Vaksinasi Covid - 19, Danlanal Aru Kunker ke Desa Pesisir


Kepulauan Aru,SNN.com - Dalam rangka memberikan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi Covid - 19 kepada masyarakat pesisir (Maritim) di wilayah teritorial Lanal Aru,  Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H,.M.Tr.Hanla,.M.M melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Desa Tabarfane, Kecamatan Aru Utara Selatan, Sabtu (3/9/2021).

Dalam kunjungannya ini Danlanal didampingi oleh Dandenpomal Aru Kapten Laut (PM) Teguh Wicaksono, Dankal PTG III-09-06 Lettu Laut (P) Edy W, Pasiops Unit Lanal Aru Letda Laut (T) Sutrisno, Bakes (Bintara Kesehata) Lanal Aru Serda Apm Siswanto.

Tiba di dermaga Desa Tabarfane, Kecamatan Aru Utara Selatan Pukul 09.30 WIT, rombongan Danlanal Aru disambut baik oleh Babinsa Koramil 1503-03 Jerol dan Babinkantibmas Polsek Jerol beserta masyarakat setempat.

Setelah beristirahat sejenak, Tim Bakes Lanal Aru menggelar sosialisasi terkait pentingnya vaksin Covid - 19 kepada warga masyarakat setempat.

Bintara Kesehatan Lanal Aru, Serda Apm Siswanto dalam kesempatan itu mengatakan, masyarakat desa diharapkan jangan termakan isu miring terkait dampak negatif setelah divaksin.

"Karena, sebelum pelaksanaan vaksin akan dilaksanakan pemeriksaan screening kepada para calon penerima vaksin antara lain, pemeriksaan tensi tidak lebih dari 140/90, tidak ada penyakit bawaan seperti asma, diabetes, jantung dan alergi terhadap obat," jelasnya.


Dijelaskan pula bahwa, tujuan vaksinasi di masa Pandemik Covid - 19  adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh akan tetap terjaga sehingga dapat terhindar dari penularan virus Corona.

"jadi, intinya ini program nasional menuju Indonesia sehat bebas Covid 19 yang harus kita laksanakan sebagi wujud membantu pemerintah untuk menjegah penularan covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru," tutur Serda Siswanto.

Dilain pihak,  dr.Cristian selaku dokter satu-satunya yang berada di Desa tabarfane dalam kegiatan itu mengatakan, masyarakat Desa Pesisir Tabarfane sangat menyambut baik akan adanya pelaksanaan vaksinasi yang akan dilaksanakan oleh Lanal Aru.

Menurutnya, masyarakat Desa pesisir Tabarfane sendiri sangat berantusias akan adanya pelaksanaan Vaksinasi Oleh Pangkalan Lanal Aru. Masyarakat juga memahami selain untuk menjaga kesehatan vaksinasi juga diperlukan sertifikat bagi mareka yang akan melaksanakan perjalanan ke luar kota sebagai persyaratan.

"Untuk itulah, kami beserta para tenaga kerja kesehatan Puskesmas di pesisir Desa Tabarfane siap membantu serta mendampingi untuk menyukseskan pelaksanaan Vaksnasi yang terus dilaksanakan oleh Lanal Aru di kecamatan Aru selatan utara khususnya di Desa pesisir Desa tabarfane, Ucap dr. Cristian.

Terpisah, Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, mengatakan, serbuan vaksinasi massal yang terus dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL di Aru ini merupakan instruksi Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono dalam mendukung program percepatan penanganan Covid-19. 


Danlanal juga mengakui masih banyak masyarakat pesisir yang menolak divaksin. Akan tetapi, pihaknya terus mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat secara humanis agar tidak takut divaksin.

"Ya, memang masih banyak masyarakat di daerah ini yang belum memahami pentingnya vaksinasi Covid-19. Karena itu, kami terus mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat dengan sukarela mau mengikuti vaksinasi," tutur Danlanal, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin.

Sementara itu, pantauan Sorot Nuswantoro News di Kepulauan Aru, faktanya sejauh ini Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Pangkalan TNI AL Aru kepada masyarakat Kepulauan Aru khususnya bagi Warga Pesisir (Maritim) masih terus diperjuangkan dan digencarkannya guna menghentikan laju penyebaran Wabah Covid-19, dan menciptakan percepatan kenyamanan dilingkungan masyarakat Aru agar bisa segera beradaptasi seperti semula.

Hal ini patut mendapat apresiasi dari pemerintah daerah setempat. Pasalnya, kendati dibatasi dengan vasilitas, Pangkalan TNI AL dibawah komando Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, terus menggencarkan aksi serbuan vaksinasi kepada masyarakat pesisir pulau Aru.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"