Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Kamis, 07 Oktober 2021

Bupati Tuban Ajak Optimalisasi Potensi Desa, Peringati Harkop Dan UMKM 2021


Tuban, SNN com - Pemerintah Kabupaten Tuban bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah ( Dekopinda ) Kabupaten Tuban menggelar resepsi Hari Koperasi ke -74 dan Hari UMKM ke - 6 tahun 2021 di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Rabu ( 6/10/2021 ).

Hadir pada kegiatan ini Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., dan Wabup Tuban, H. Riyadi, SH., beserta perwakilan Forkopimda dan sejumlah pimpinan OPD terkait.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pengukuhan pengurus Dekopinda Kabupaten Tuban 2020 - 2025. Di serahkan pula penghargaan kepada pelaku UMKM pemenang lomba olahan potensi Desa.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan, peringatan Hari Koperasi dan UMKM menjadi momentum guna mengembangkan Koperasi dan sektor UMKM dengan mengoptimalkan potensi Desa dan Daerah. Hal tersebut berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tuban.

Menurut Mas Bupati, demikian orang nomor satu di Kabupaten Tuban itu akrab di sapa, Dekopinda menjadi forum bagi pegiat koperasi sekaligus mitra Pemkab Tuban. Karenanya, harus mampu mengakomodir kepentingan dari pegiat Koperasi.

“ Menjadi perantara bagi Koperasi untuk dapat lebih maju,” paparnya.

Selaras dengan tujuan tersebut, Mas Bupati meminta Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan ( Diskoperindag Tuban ) memberi pendampingan kepada Dekopinda Tuban, dan UMKM agar mampu berkembang dan bersaing hingga di pasar Nasional dan global.

Selaras tujuan tersebut, Pemkab Tuban akan menggelar lomba UMKM dengan basis utama optimalisasi potensi Desa. Tidak hanya itu, akan menjembatani ekspor produk UMKM. Sebagai bentuk promosi, sekaligus stimulus penyemangat bagi UMKM utamanya di tengah pandemi Covid -19.

“ Hal ini selaras dengan visi misi kami, yaitu Mbangun Deso Nata Kutho, Satu Desa Satu Unggulan, perekonomian bergerak di tingkat rumah tangga,” pintanya.


Pada masa pandemi Covid -19, lanjut Mas Bupati, Koperasi dan UMKM di harapkan mampu terlibat dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat. Langkah tersebut hendaknya di imbangi dengan peningkatan SDM dan kompetensi untuk menyerapkan kemajuan teknologi.

Mas Bupati menekankan, agar setiap anggota koperasi tetap menjaga tekad dan cita - cita untuk memajukan Koperasi sebagai Soko Guru Ekonomi Bangsa Indonesia. Karenanya, perlu di galakkan sosialisasi dan edukasi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Dekopinwil Jawa Timur, Slamet Sutanto, mengatakan, Koperasi di harapkan mampu bersinergi dengan BUMD, BUMDes, dan UMKM untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid -19 dan setelahnya. Tujuan akhirnya membawa manfaat bagi masyarakat.

Slamet Sutanto menerangkan, Dekopin menjadi rumah besar Koperasi, yang bertanggung jawab untuk mengakomodir kepentingan Koperasi dan anggotanya. Salah satunya meningkatkan promosi guna menambah pemahaman masyarakat tentang Koperasi. Tidak hanya itu Koperasi di harapkan mampu mendukung optimalisasi potensi Daerah.

“ Anggota Koperasi harus mampu beradaptasi dengan mengadopsi teknologi agar dapat bersaing di era digitalisasi. Serta terus bersemangat untuk bersaing dengan sehat,” ucapnya.

Sedangkan Ketua Dekopinda Tuban, Ruddys Sampurno Winasis, mengatakan, rangkaian Hari Koperasi dan HUT UMKM tahun 2021 dilaksanakan kegiatan  bakti sosial bagi anak yatim dan panti asuhan, lomba pengolahan potensi lokal Desa yang di ikuti pelaku UMKM Tuban.

Ruddys mengaku, pihaknya siap mendukung pelaksanaan visi misi Pemkab Tuban. Diantaranya, meningkatkan nilai tambah sektor Pertanian secara luas, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, perindustrian, dan perdagangan.


Di samping itu mewujudkan SDM berkualitas yang cerdas, sehat, terlatih, dan berketahanan sosial.

Peringatan Hari Koperasi dan HUT UMKM hendaknya di maknai sebagai ikhtiar meningkatkan kesadaran berkoperasi serta kompetensi SDM Koperasi dan UMKM dalam menyikapi era digitalisasi. Harapannya, UMKM dan Koperasi lebih modern, partisipatif namun tetap menjiwai nilai - nilai sosial dalam menjalankan aktivitasnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ini, dilaksanakan pula pameran produk unggulan UMKM Tuban dan diisi dengan penampilan Paduan Suara Koperasi Beringin Tuban.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"