Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 09 November 2021

Pilkades Warloi Cacat Hukum, Calkades Desak Pemilihan Ulang


Kepulauan Aru, SNN.com - Daud Ngaibawar, Calon Kepala Desa Warloi, Kecamatan Aru Tengah Timur mendesak panitia penyelenggara pemilihan kepala desa untuk melakukan pemilihan ulang karena dinilai banyak terjadi kecurangan yang dibuat oleh panitia pemilihan kepala desa Warloi pada Selasa (2/11/2021). 

Desakannya didasari dugaan panitia tidak bekerja sesuai tahapan sehingga menyebabkan beberapa warga tidak ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga tidak bisa menyalurkan hak pilih. 

“Panitia tidak melaksanakan dan tidak mengikuti Perbup di dalam penyelenggaraan Pilkades. Pemerintah daerah harus tegas karena Pilkades di Desa Warloi cacat hukum dengan tidak mengikuti Perbup sebagai landasan pelaksanaannya.” kata Ngaibawar. 

Ngaibawar menyebut ada sejumlah poin yang menurut pihaknya secara nyata dan jelas bahwa panitia tidak mematuhi amanat Perbup No 8 pain 33 tentang Tata Cara 

Pilkades Serentak. 

“Diduga panitia pemilihan tidak memfungsikan petugas pendataan pemilih, untuk menyusun daftar pemilih sementara (DPS), daftar pemilih tambahan(DPTb) dan daftar pemilih tetap (DPT). DPS juga kami duga sengaja tidak diumumkan melalui pengumuman tertulis yang ditempelkan di kantor desa, RT. fasiIitas umum dan tempat-tempat umum untuk diketahui oleh masyarakat sehingga pemilih atau anggota keluarga yang tidak tercantum dalam DPS tidak dapat dimasukan dalam DPTb karena masyarakat tidak menerima infon'nasi," papar Ngaibawar 

Pihaknya mendesak agar dilakukan pemilihan ulang dengan DPT yang sudah diperbaiki jika terbukti panitia tidak mematuhi amanat dalam Perbup. 

“Pihak yang berwenang agar segera membatalkan hasil pemilihan kepala Desa Warloi dan dilakukan pemilihan ulang dengan DPT yang sudah diperbaiki untuk memenuhi hak suara masyarakat sebagai pemilih yang dijamin oleh peraturan perundang-undangan,” tegas Ngaibawar. 

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"