Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 12 Oktober 2022

Meneruskan Membangun Desa Kedungsuren, Tukrim Ferry Maju Lagi Dalam Pilkades 2022


Kendal, SNN.com - Tukrim Verry SA.g (50 th) hingga sekarang masih menjabat kepala desa Kedungsuren Kaliwungu Selatan. Tetapi dalam satu periode dijalani, merasakan belum puas karena cita-cita untuk membangun desa Kedungsuren menjadi desa mandiri, makmur, berdaya saing, profesional, sehat dan agamis dirasakan belum terwujud secara maksimal.12/10/2022

Untuk itu, dalam pelaksanaan Pilkades Serentak pada tanggal 19 Oktober 2022 di Kabupaten Kendal, Tukrim bertekat maju lagi dan sudah dinyatakan sebagai balon Kepala Desa Kedungsuren bersama tiga balon lainnya, meskipun masa jabatan kepala desa hingga hari ini belum berakhir

Belum lama ini, disampaikan keinginan dan harapannya bahwa desa Kedungsuren perlu digarap secara optimal yang membutuhkan waktu tidak hanya selama enam tahun saja. Selain itu, menjadi tantangan Petahana, periode jabatan kepala desa sekarang ini sempat terkendala adanya Pandemi Covid -19 dengan konsekuensi sebagian besar anggaran dana desa untuk biayai pembangunan dialihkan untuk penanggulangan sosial masyarakat desa terdampak Covid -19 berjalan selama dua tahun.

Desa Kedungsuren terletak di tengah hutan, jumlah penduduk tujuh ribuan yang tersebar di dusun Glandang, dusun Krajan Barat dan Krajan Timur dengan hak suara 4463 orang yang mayoritas sebagai petani penggarap lahan perhutani. “Bila hanya mengandalkan dana desa, saya rasakan belum bisa mengcover semua kebutuhan dan keinginan warga,” akunya.

Melihat luasan wilayah desa dan besarnya jumlah penduduk, Kedungsuren perlu dicarikan dukungan dana seperti aspirasi dewan, dana pusat, provinsi maupun kabupaten Kendal untuk mewujudkan visi dan misinya menjadikan desa Kedungsuren petaninya mandiri, makmur, berdaya saing, profesional, sehat dan agamis.


Dalam periode kedepan, bila Tukrim masih dipercaya masyarakat desa Kedungsuren, akan melanjutkan pembangunan infrastruktur yang merata dan berkelanjutan. Juga dalam meningkatkan pelayanan masyarakat secara cepat, tepat dan profesional termasuk bidang pendidikan, pertanian, kesehatan dan olahraga.

Demikian pula untuk mengoptimalkan kegiatan Posyandu (balita, remaja dan lansia) dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat terhadap serangan wabah dan penyakit.

Khususnya dalam membangun ekonomi desa yang unggul, Tukrim dengan pemberdayaan BUMDes. Juga meningkatkan eksistensi lembaga keagamaan seperti TPQ/MPA dan NU beserta Badan otonominya. Tak ketinggalan, generasi muda untuk dibina agar mampu mandiri, inovasi dan kreatif.

Sekilas dikatakan, Desa Kedungsuren potensinya selain memanfaatkan hutan, wilayahnya dilalui alur sungai Blorong bisa diolah untuk wisata sungai. Juga menjadi jalur alternatif pelintas jalan disaat terjadi kendala lalu lintas karena perbaikan jalan Pantura dari arah Semarang, Solo ke Jakarta. Hal ini menjadikan spirit untuk mendorong desanya bergerak, maju dan berkembang.

1. Menciptakan desa STBM dan bebas stunting 
2. Meningkatkan dan memberi fasilitas yg dibutuhkan untuk lembaga pendidikan dini seperti ,KB, PAUD dan TK.

Potensi desa yang ada ,
1.  Bayak sungai yg ada di desa kedungsuren seperti sungai Blorong, selangeng, gadung, Glagah dan bolang.
2. Luasnya areal pertanian dgn di dukung oleh kelompok2 tani yg handal.
3. Areal desa wisata Arjuna muntuk glandang.
4. Aral hutan yg cukup luas.
5. Bayah hom industri dari hasil pertanian warga seperti, singkong, pisang,  galintung , kacang2 dan hasil desa yg lain.
6. Diimbangi dgn sumberdaya manusia yg mumpuni, di segala bidang.

4 Areal hutan yang luas sekitar 975 ha. berada di wilayah kedungsuren, dgn BKPH mangkang, boja dan krpk kedungpucung, darupono dan mugas, "Ujar beliau.


Reporter : Said

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"