Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Selasa, 11 Oktober 2022

Pamsimas Sumber Lancar Penuhi Kebutuhan Air Bersih


Lamongan, SNN.com - Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Sumber Lancar berhasil penuhi kebutuhan air bersih. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari sumber air yang dimiliki lancar, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak ada rasa layaknya kriteria air bersih yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

Pamsimas yang baru saja diresmikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Senin (10/10) di Pamsimas Sumber Lancar Desa Sumberdadi Kecamatan Mantup itu mampu mengairi 160 aliran ke rumah warga setempat.

"Pemkab Lamongan mengalokasikan Pamsimas ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat," tutur Pak Yes sapaan akrabnya saat meresmikan Pamsimas Sumber Lancar.

Menurut keterangan dari Pak Yes, terpenuhinya air bersih pasti akan menjamin kesejahteraan masyarakat untuk melangsungan kehidupan sehari-hari dan terciptanya kemajuan ekonomi pada Desa Sumberdadi.

"Selain untuk memenuhi kebutuhan air, ini juga digunakan untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi yang meningkat pula," terang Pak Yes.

Program Pamsimas merupakan upaya pemerintah dalam menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia, yangmana sejalan dengan upaya mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk menjamin ketersediaan dan pengelolaan air minum yang aman dan terjangkau pada tahun 2030.

Hadirnya program ini diakui Kepala Desa Sumberdadi Sugiono membawa perubahan baik bagi perairan masyarakat. Karena sebelum adanya Pamsimas sumber air di masyarakat berwarna keruh.

"Sebelum adanya Pamsimas ini sangat bermanfaat bagi warga, karena menghasilkan air yang  jernih dan lancar. Terimakasih banyak atas bantuan yang diberikan Pemkab Lamongan," tuturnya. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"