Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 16 Januari 2020

Himbauan Bupati Tuban Kepada Masyarakat Untuk Waspada Bencana.

Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda memimpin apel gelar pasukan dan perlengkapan dalam rangka penanggulangan bencana hidrometeorologi, Kamis ( 16/01/2020 ). Bertempat di Alun - Alun Tuban, apel kesiapsiagaan turut di hadiri Forkopimda Tuban; pimpinan OPD; Camat; dan di ikuti 500 personil dari TNI; Polri; BPBD; Satpol PP; PMI; Garda Pratama; Pramuka dan komunitas.

Kepada Wartawan SNN.com, Bupati Tuban menyampaikan penanggulangan bencana menjadi tanggung jawab semua pihak. Masyarakat harus ikut terlibat. Kegiatan ini juga dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan mengantisipasi bencana. Masyarakat juga harus memperhatikan kondisi sekitarnya mengingat kondisi di tiap memiliki potensi bencana yang berbeda pula." Salah satunya rutin membersihkan saluran air," paparnya.

Masyarakat juga di minta sering memantau pemberitahuan dan informasi kondisi terkini mulai dari ketinggian air sungai dan gelombang, curah hujan, dan prakiraan cuaca. Ini menjadi salah satu  langkah untuk mengantisipasi bencana yang bisa sewaktu - waktu terjadi.


Bupati Huda menerangkan penanggulangan bencana mencakup pra bencana; penanganan bencana dan pasca bencana. Dengan berbagai langkah mitigasi bencana, akan meminimalkan kerugian dan korban yang timbul saat bencana.

Lebih lanjut, Bupati Huda menyatakan pembangunan tanggul Bengawan Solo menjadi program prioritas Pemerintah Pusat dan tertuang dalam Perpres no. 80 tahun 2019. Pemkab Tuban juga telah menyiapkan anggaran lahan untuk pembangunan tanggul tersebut.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menghimbau agar nelayan ikut mendaftarkan diri di BPJS Ketenagakerjaan. Dengan terdaftar BPJS Ketenagakerjaan akan mendapat asuransi kecelakaan kerja.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"