Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 23 Januari 2020

Ini Pesan Bupati Lamongan Saat Melantik 15 Kepala Desa : Dana Desa Tidak Untuk Penmbangunan Fisik Saja, Tapi Juga untuk Pemberdayaan Ekonomi dan Potensi Desa

Lamongan, SNN.com – Bupati Lamongan, Fadeli, mengajak Pemerintah Desa (Pemdes) mulai menggunakan Dana Desa (DD) untuk pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan potensi desa.

“Manfaatkan Dana Desa tidak hanya untuk pembangunan fisik saja. Tetapi juga untuk mengembangkan potensi yang ada di masing-masing desa, melalui berbagai kegiatan pemberdayaan ekonomi," ujar Fadeli usai melantik 15 Kades hasil Pilkades serentak 15 September 2019 di Pendopo Lokatantra, Kamis, (23/1/2020).

Namun, Ia berpesan seluruh Kades agar dapat mempertanggungjawabkan Dana Desa serta mengelolanya dengan baik. Para Kades terpilih yang baru saja dilantik tersebut, juga diminta agar segera melakukan action.

"Dengan mulai memetakan potensi di desanya untuk dikembangkan," kata Fadeli.

Saat ini 462 desa di Lamongan sudah memiliki BUMDes. "Melalui BUMDes ini, bisa memunculkan berbagai inovasi untuk ekonomi desa, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, "ujarnya.

Lanjutnya, Fadeli juga mengingatkan para Kades terpilih terhadap potensi bahaya bencana yang bisa saja terjadi saat musim hujan, seperti pohon tumbang.

"Kades, bisa melaporkan titik-titik dimana ada pohon rawan tumbang pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan PU Bina Marga untuk dilakukan pemangkasan, "tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Khusnul Yaqin, menyebut, pelantikan 15 Kades tersebut baru bisa dilaksanakan dikarenakan masa jabatannya Kades lama baru berakhir pada Januari 2020.

"sebanyak 15 Kades baru dapat dilantik pada hari ini, karena memang masa jabatan yang lama berakhir pada Januari 2020" kata dia.

Reporter : Isnandar/zainal
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"