Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 27 Januari 2020

Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul Gelar Sosialisasi Program Kegiatan Tanaman Pangan

Gunungkidul, SNN.com - Dinas pertanian dan tanaman pangan kabupaten Gunungkidul melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan komando setrategis pembangunan pertanian (SETRATA), yang di laksanakan pada senin ( 27/1/2020), bertempat di balai penyuluhan pertanian ( BPP ) Saptosari.

Nampak hadir dalam sosialisasi tersebut dari dinas pertanian dan tanaman pangan kabupaten Gunungkidul, forum komunikasi pimpinan kecamatan (FORKOPIMCA), kasi kesejahteraan dari tujuh Desa, ketua gapoktan, Poktan, penyuluh pertanian swadaya.

Setrata adalah program baru yang akan di jalankan di tahun 2020, agar terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong,

Dalam sambutanya koordinator balai penyuluhan pertanian ( BPP ), Saptosari Sriyatun. STP, menyampaikan saya ucapkan terimakasih atas kehadiran bapak ibu semua atas kerelaan waktunya sehingga dapat berkumpul memenuhi undangan dari kami, saat ini bapak ibu semua di mohon berkumpul dalam rangka untuk mendengarkan dan mensukseskan program baru dari pemerintah khususnya dari dinas pertanian dan tanaman pangan kabupaten Gunungkidul yang nanti akan di sampaikan beliau bapak HK. Adinoto SP.MP, monggo jika nanti ada yang mau di tanyakan dengan program setrata ini mumpung beliau hadir, "Jelasnya.

Setelah sambutan dari Sriyatun STP ,selaku koordinator BPP saptosari kemudian di lanjutkan paparan program baru dari kementrian pertanian yang di sampaikan oleh HK. Adinoto SP.MP ,dari dinas pertanian dan tanaman pangan, Adinoto memaparkan " komando setrategis pembangunan pertanian ( SETRATA ), merupakan program baru dari kementrian pertanian, di mana setrata merupakan pusat data dan informasi ( KOSTRA TANI ), pusat gerakan pembangunan pertanian, dan juga pusat pembelajaran," bebernya.

" Untuk tahun ini ada sembilan BPP kostratani, sembilan BPP tersebut yaitu BPP semin, BPP karang mojo, BPP patuk, BPP gedangsari,BPP purwosari, BPP saptosari, BPP semanu, BPP ponjong, BPP ngawen. Sembilan kostratani ini yang tahun ini di suport , untuk BPP yang lain nanti di tahun berikutnya," imbuhnya.

" Tujuan pertanian yaitu sediakan pangan untuk  dua ratus enam puluh tujuh juta jiwa, sesuai data BPS, kemudian tingkatkan kesejahteraan petani, mulai dari produktivitas, kualitas,kontiunitas. Untuk target IKU tanaman pangan di Gunungkidul tahun 2020,produksi padi :591,72 ton, produksi jagung : 200,500 ton, produksi kedelai : 7000 ton, produksi ubi kayu : 882.908 ton, semoga target ini tercapai," pungkasnya.

Reporter : Supriyanto
Editor     : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"