Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 15 Januari 2020

Lanal Aru Peringati HUT Dharma Samudra ke - 58

Kepulauan Aru, SNN.com - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Samudra ke - 58 Tanggal 15 Januari 2020, Pangkalan TNI  AL (Lanal Aru)  menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dan tabur bunga di Dermaga Yos Sudarso Dobo, Rabu (15/1/2020).

Bertindak selaku inspektur upacara, Danlanal Aru Letkol Laut ( P) Sahatro Silaban, M.Tr (Hanla)

Bertindak selaku inspektur upacara tabur bunga, Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga.

Danlanal Aru saat membacakan amanat Kasal TNI AL, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE.MM mengatakan, upacara yang diselenggarakan setiap  tahun ini, pada hakikatnya merupakan media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai kejuangan yang harus dilestarikan, agar terus terjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ditegaskan pula bahwa, pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut kita yang ditunjukkan pelaut-pelaut kita dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso.
Sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut.


Kepada seluruh prajurit TNI AL saya tegaskan, pertempuran yang kita hadapi saat ini dalam mewujudkan kedaulatan dan keutuhan wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak banyak berubah, namun hanya menunjukkan karakter pertempuran yang berbeda.

"Oleh sebab itu, nilai-nilai kejuangan yos sudarso dan pelaut-pelaut tersebut wajib diwarisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut saat ini, yaitu agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan,"tandasnya.

Ditambahkan pula bahwa, di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan pengaruh era globalisasi, tantangan kita sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan menjadi semakin kompleks.

Prajurit TNI Angkatan Laut dituntut untuk lebih adaptif, produktif, berinovasi tinggi dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas. dalam proses itu jangan sampai melupakan jati diri seorang prajurit yang selalu berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut.

Pewarisan nilai-nilai kejuangan dalam peringatan ini juga mewakili sejumlah pertempuran laut lainnya, misalnya pertempuran laut Cirebon, pertempuran teluk Sibolga, pertempuran laut Malaka dan pertempuran laut lainnya.

Oleh karena itu, melalui peringatan hari Dharma Samudera ini, saya memberi penekanan sebagai berikut: tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, teladani nilai dan semangat kejuangan yaitu sikap ksatria, rela berkorban dan pantang menyerah, pupuk jiwa patriotisme dan jati diri prajurit matra laut; dan tingkatkan pengetahuan, latihan dan pendidikan guna menopang profesionalisme tugas yang semakin kompleks dan sarat akan teknologi.


Pantauan Sorotnuswantoro News.com, Hadir pada upacara tersebut, Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga beserta ibu Ny.Cherly Gonga, Wakil Bupati Kepulauan Aru Muin Sogalrey, SE beserta ibu Ny.Inayah Sogalrey, Sekda Aru Moh. Jumpa, M. Si. Danlanal Aru Letkol Laut (P) Sahatro Silaban. M. Tr. Hanla beserta ibu Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab IX/DJA III Lanal Aru Ny. Nova Lestari, Asisten I  Bupati Kep.Aru Drs. Julius J. Notanubun, Kapolres Kep.Aru diwakili Wakapolres Kompol Asmar Sena, SH, Perwira Penghubung Kodim 1503/03 Dobo, Mayor arm. Lamusa. SH, Danpos POM Dobo Subdenpom XVI-2/Tual Kapten CPM (K) Wa Nunu Adam, Dandenpomal Lanal Aru Kapten Laut (PM) Arman Riadi, Dankal PTG Kapten Laut (P) Oktovianus Mami, Danramil 1530-03/Dobo Kapten Inf Dody Masaoy, Kkm Kal PTG Lettu Laut (T) Silaban, Dantonkipan E Yonif 734/SNS Letda Inf Krismanson.

Sementara susunan pasukan upacara terdiri dari,  1 SST Koramil 1530-03/Dobo, 1 SST Kipan E Yonif 734/SNS, 1 SST Satgas BKO Apter Kodim Persiapan, 1 SST Lanal Aru, 1 SST Sat Sabhara Polres Kep. Aru, 1 SST Brimop Subden 2 A Pelopor Dobo, 1 SST Satpol PP Kep.Aru, 1 SST Sahbandar Dobo, dan1 SST Siswa-siwi SMA Yos Soedarso Dobo.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"