Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 17 Januari 2020

Ini Kata AKBP Roy Satya Putra : Latihan Dasar Penting Untuk Mendapatkan SIM C

Kutai Barat, SNN.com - Kapolres Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur "AKBP Roy Satya Putra, S.I.K., M.H gencar sosialisasikan syarat untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM-C), hal ini disampaikannya kepada media, Kamis (16/01/2020).

Kapolres Roy menghimbau kepada seluruh masyarakat Kutai Barat dan Mahakam Ulu (Mahulu) agar mengikuti training dasar sebelum menuju test/uji kelihaian dan ketangkasan mengendarai roda dua untuk mendapatkan SIM C. '17/01/2020.

Kapolres Kubar Roy Satya Putra SIK.,MH menginstruksikan kepada seluruh Kapolsek se Kubar dan Mahulu agar gencar mensosialisasikan kepada masyarakatnya dalam wilayah hukum kerjanya dimasing kecamatan.

Instruksi orang nomor satu dikepolisian Kubar tersebut langsung dilaksanakan Kapolsek kecamatan Damai "Iptu Frans T.A dengan menggelar latihan dasar untuk mendapatkan SIM C.

Iptu "Frans T.A mengatakan, dasar, instruksi komandan itulah kami langsung tanggap dan gelar praktek dilapangan salah satunya kampung Keay kecamatan Damai pada 16 Januari 2020. 'Tegas Frans.

Hal tersebut kami lakukan untuk mempermudah masyarakat itu sendiri ketika ingin membuat SIM C di polres, sebab syarat untuk mendapatkan SIM C wajib mengikuti berbagai uji/test sampai dinyatakan lulus dan layak untuk diberikan SIM C, "Jelas Frans.

Kapolsek Kecamatan Damai Iptu Frans T.A

Mengacu pada pengalaman sebelumnya, betapa besar minat khususnya pengguna roda dua ingin memiliki SIM C, mereka dihadapkan kendala yang cukup sulit ketika di test/uji oleh petugas banyak yang gugur dan dinyatakan tidak lulus, sebab para calon harus mengendarai roda dua dengan memutari tonggak yang telah diatur jarak dan formasi yang berbeda-beda untuk para pengemudi melakukan manuver dengan membentuk angka 8 dan zikzak.

Frans menambahkan, bayangkan masyarakat yang rumahnya jauh datang ke polres hanya untuk mengikuti uji/test ternyata gagal dan gagal terus kan...kasian mereka, oleh sebab itulah kapolres Kubar memberikan ruang untuk mempermudah pelayanan yang prima kepada masyarakat, "imbuh Kapolsek Frans.

Giat sosialisasi latihan dasar yang dilaksanakan Polsek kecamatan Damai dan jajarannya mendapat resfon positif dari masyarakat, terbukti banyaknya yang datang diantaranya dari masyarakat kampung Jengan Danum terdiri 6 orang, kampung Kaey 10 orang, kampung Mendika 7 orang, kampung Damai Kota 8 orang semua dalam wilayah kecamatan Damai, sisanya kampung Lingau, Dempar, Terajuq, "Jelas Frans.

Secara terpisah, SNN mengkonfirmasi Kanit Binmas Polsek kecamatan Damai "Puryani mengatakan, latihan dasar ini berikan kepada masyarakat selanjutnya akan mengikuti uji/test untuk mendapatkan SIM C, sedangkan pengenalan rambu-rambu akan diajarkan pihak penguji di polres Kubar. Bagi masyarakat yang telah mengikuti latihan dasar di kampung-kampung akan diberikan surat rekomendasi bukti bahwa yang bersangkutan telah mengikuti latihan dasar.

Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra SIK., MH menghimbau kepada masyarakat khususnya pengguna roda dua agar tetap mematuhi aturan lalulintas seperti memakai Helm baik pengemudi ataupun penumpang, sebab pada intinya memakai Helm itu bukan untuk orang lain, melainkan demi keamanan pengendara itu sendiri, "pungkas Kapolres Kubar Roy Satya Putra.

Reporter : Johansyah
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"