Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 21 Januari 2020

Perhutani KPH Bojonegoro Cenangkan Tanaman Biomassa 2020

Bojonegoro, SNN.com - Administratur/KKPH Bojonegoro Dewanto, beberapa waktu lalu, Minggu (19/01/2020) melakukan pencanangan gerakan menanam bersaman tanaman Biomasa jenis Gliricidia sepium/Gamal di Petak 102 d seluas 3 ,5 Ha RPH/BKPH Nglambangan, KPH Bojonegoro.

Dalam sambutannya Dewanto menyampaikan, dalam rangka untuk menopang penghasilan Perhutani harus ada inovasi-inovasi penghasilan selain kayu jati. Salah satunya adalah tanaman biomasa jenis Gliricidia sepium/Gama l harus berhasil.

"Dalam pencapaian keberhasilan tanaman diawali dari bagaimana kita membuat persemaian dengan baik, menanaman dengan serius serta merawat dengan sepenuh hati dan tidak kalah pentingnya menjaga hingga tanaman siap diproduksi," paparnya

Sedangkan tanaman Biomasa di Bojonegoro seluas 2.021, 88 hektar atau sekira 7.990.071 plances

Dewanto juga menambahkan, produksi kayu biomassa tersebut nantinya dapat di eskpor ke Korea dan Jepang. Dua negara tersebut menjadi pasar utama kayu biomassa karena dibutuhkan sebagai bahan baku pembangkit energi terbaru. 

"Sebagai catatan, wood pellet dapat digunakan untuk substitusi batu bara sebagai penghasil listrik," tandasnya

Selain dari karyawan Perhutani kegiatan selama sehari itu juga dihadiri pengurus LMDH Wana Manunggal I, Wana Manunggal II, Kusuma Indah Wana Bhakti serta Wono Ngremboko Wilayah BKPH Nglambangan semuanya sekira 90 orang.


Sementara itu, sebelumnya Persaruan Istri Rimbawan (PIR) bersama Yayasan Taruna Rimba Pe4hutani  Bojonegoro Sabtu (18/01) juga telah mengadakan penanaman di hutan Nglambangan.

Ketua Persatuan Istri Rimbawan (PIR) yang  juga Ketua Yayasan Taruna Rimba (YTRP) Bojonegoro  Indah Dyah Dewanto dersama anggota melaksanakan  penanaman bersama. Ribuan tanaman Gliricidia sepium di Petak 102d seluas 2 hektar.

Indah Dyah Dewanto mengatakan bahwa kita harus mendukung sang suami dalam melaksanakan tugas dilapangan.

"Penanaman seperti ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, dan bentuk suporting kita kepada bapak-bapak agar lebih giat lagi untuk menanam dan menanam," ungkapnya.

Pada kegiatan itu selain PIR dan YTRP hadir pula Administratur KPH Bojonegoro Dewanto dan segenap karyawan BKPH Nglambangan serta LMDH Wana Manunggal II yang diketuai Dayat beserta anggota sekira 76 orang.

Reporter : Markum/Naatain
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"