Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 21 Januari 2020

Ini Amanah Perpres, Kata Sekda Tuban Saat Hadiri Implementasi Non Tunai

Tuban, SNN.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., menghadiri sosialisasi Implementasi Pembayaran Non Tunai pada Pemkab Tuban, Selasa ( 21/01/2020 ) di ruang RH. Ronggolawe. Kegiatan ini turut di hadiri Kepala BPPKAD Kabupaten Tuban; Pimpinan Bank Jatim Cabang Tuban; Kepala OPD dan Camat.
Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., menyatakan penerapan pembayaran non tunai sebagai tindak lanjut Perpres no. 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional dan Korupsi Jangka Panjang." Kebijakan ini menjadi amanat peraturan Pemerintah Pusat yang harus di tindak lanjuti," terangnya. Pelaksanaan kebijakan ini mampu mengoptimalkan upaya pencegahan tindak korupsi.

Lebih lanjut, penerapan kebijakan ini akan mempermudah tahapan proses pembayaran sejumlah program kegiatan. Di harapkan Bank Jatim dapat terus bersinergi dengan Pemkab Tuban. Sejumlah program kegiatan Pemkab Tuban juga bersinergi dengan Bank Jatim, begitu pula sebaliknya. Salah satunya adalah pelaksanaan program CSR Bank Jatim yang mampu membawa peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sekda Tuban memberikan apresiasi kepada Bank Jatim yang telah menyediakan sejumlah aplikasi untuk memudahkan ASN, diantaranya e - samsat; pembayaran PBB online; retribusi pasar; dan lainnya.

Pada kesempatan ini, Sekda Budi Wiyana menginstruksikan agar percetakan blangko PBB dapat di percepat sehingga distribusi dapat di percepat. Hal tersebut akan mempercepat penyerapan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini menambahkan Laporan Keterangan Pertanggung jawaban ( LKPJ ) tahun 2019 akan di bahas awal Februari 2020 bersama DPRD Kabupaten Tuban.“ Karenanya, seluruh OPD di minta untuk segera melengkapi dan mengirimkan berkas ke bagian terkait,” jelasnya.


Sementara itu, Pimpinan Bank Jatim Cabang Tuban, Deni Mahendra menerangkan pihaknya siap mendukung pembangunan Kabupaten Tuban. Langkah ini sejalan dengan upaya Bank Jatim menjadi Agent Of Development. Bank Jatim juga menyediakan menyediakan Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) yang dapat di manfaatkan bagi pelaku UMKM.

Deni Mahendra menambahkan transaksi non tunai bermanfaat mengurangi kesalahan saat transaksi maupun pindah buku. Juga semakin memudahkan proses transaksi.“ Kami harap dapat terus berkolaborasi dengan Pemkab Tuban untuk ikut mendukung upaya menyejahterakan masyarakat Tuban,” terangnya.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"