Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Kamis, 12 Agustus 2021

Melestarikan Budaya dan Sejarah Desa Sumberejo Kecamatan Lamongan


Lamongan, SNN.com - Sejarah sampai kapanpun tak akan sirna walau termakan usia. Adanya suatu wilayah tidak lepas dari sejarah. Mungkin yang ada di Dusun Kaotan Desa Sumberejo Kec Lamongan. Sebuah makam tua yang sudah ada sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu, yang di anggap sebagai pendiri atau cikal bakal Dusun Kaotan, yang puluhan tahun belakangan ini terabaikan bahkan nyaris punah. 

Kemarin Di Hari Rabu Tanggal 11 Agustus 2021 Masyarakat Setempat Gotong Royong Melakukan Kerja Bakti Untuk Membersihkan Dan Membangun Kembali.

Dan Yang Paling Menarik Dalam Kegiatan Atau Prosesi Itu, Kerja Bakti Itu Tanpa Ada Yang Mengomandoi Atau Perintah.

Seperti Pada Kegiatan Kerja Bakti Umumnya Yang Slalu Ada Komando Dari Seseorang Yang Di Tuakan Atau Perangkat Desa. Masyarakat Datang Dengan Sendirinya, Satu Persatu Dengan Rela Dan Ikhlas Tanpa Ada Paksaan.

Begitu Juga Dengan Material Untuk Bangunan Dan Akomodasi. Tanpa Melibatkan Anggaran Dari Desa Ataupun Dana Dusun Setempat. Semuanya Berdatangan Dengan Sendirinya Sesuai Kebutuhan Yang Di Butuhkan.

"Gotong Royong Memang Sudah Ada Sejak Dulu,Tapi Di Beberapa Tahun Terakhir Ini Rasa Kebersamaan Atau Gotong Royong Yang Ada Di Kampung Berkurang, "Papar Pak Sutomo Selaku Kepolo Dusun Kaotan Saat Di Temui Awak Media.


Di Tanya Perihal Cikal Bakal Dusun Kaotan Ini, Pak Sutomo Tidak Bisa Menjelaskan.

Mbah Sripin Seorang Budayawan Dan Tokoh Adat Saat Di Temui Awak Media Menjelaskan, Bahwasanya Makam Tua Ini Memang Benar Adanya. Ini Adalah Makam Leluhur Atau Cikal Bakal Dusun Kaotan.

"Cikal Artinya Miwitti Dan Bakal Artinya Permulaan Atau Calon,"ujarnya.

Mbah Sripin Juga Menuturkan Dan Mengharapkan Agar Cikal Bakal Dusun Kaotan Ini Di Lestarikan Oleh Anak Cucu Keturunan Dusun Kaotan Tanpa Ada Pembedaan Agama Dan Keyakinan.

Reporter : Gaston
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"