Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 02 Agustus 2021

KKN Unisla Turut Kembangkan Taman Airlangga Pataan


Lamongan, SNN.com - Melalui program KKN (Kuliah Kerja Nyata,) Unisla (Universitas Islam Lamongan) didukung oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengembangkan potensi wisata sejarah di Situs Pataan yang terletak di Dusun Montor, Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. Hal itu adalah simbol sejarah Lamongan yang akan menjadi spirit untuk mencapai kejayaan sebagaimana visi Kabupaten Lamongan untuk mencapai kejayaannya.

Hal itu disampaikan Pak Yes dalam sambutannya acara Opening Ceremony KKN Unisla hari ini, (2/8) di halaman Kampus Unisla bersama Kepala Desa Pataan dan jajaran Rektorat yang disaksikan secara virtual sejumlah 1164 mahasiswa peserta KKN dan Anggota DPR RI,  H. Nasyirul Falah Amru, S.H.

“Dengan dikembangkannya taman wisata pataan ini menunjukkan bahwa kejayaan Lamongan sudah dimulai pada saat-saat yang lalu. Harapan saya hal ini menjadi simbol sejarah bagi kita yang akan menjadi spirit masyarakat lamongan  untuk mencapai kejayaan sebagaimana visi kami adalah mencapai kejayaan Kabupaten Lamongan. Khususnya keluarga besar Unisla yang  akan membangun kampus di sana dan akan mencapai kejayaan yang diidamkan semuanya,” harap Pak Yes yang turut mambubuhkan tanda tangan prasasti peresmian Taman Airlangga Pataan.


Sebagaimana diketahui Situs Pataan merupakan satu kompleks kecil kepurbakalaan yang terletak di Dusun Montor, Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. Prasasti Patakan diperkirakan dibuat pada abad 11 Masehi pada masa pemerintahan Raja Airlangga. Prasasti ini terbuat dari batu andesit setinggi 104 sentimeter, lebar atas 90 sentimeter, lebar bawah 80 sentimeter, dan tebal 24 sentimeter, ditulis menggunakan huruf Jawa kuno. Sekarang, prasasti yang menceritakan tentang adanya bangunan suci yang didirikan oleh Raja Airlangga di Desa Pataan tersebut, menjadi koleksi Museum Nasional Indonesia

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"