Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 18 Oktober 2022

Tingkatkan Perekonomian Lamongan, 200 UMKM Terima Permodalan KUR


Lamongan, SNN.com - Tak hanya fasilitasi pemberian PIRT, desain kemasan, legalitas, maupun pelatihan, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan juga memberikan fasilitas permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pelaku UMKM Lamongan, hal tersebut sebagai salah satu upaya Pemkab Lamongan dalam meningkatkan perekonomian.

Pemberian modal kepada 200 pelaku UMKM ini, sebagai langkah awal Pemkab Lamongan dalam memfasilitasi pelaku UMKM, mengingat modal sering kali menjadi masalah utama bagi para pelaku usaha dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Perbulan Oktober 2022, Pemkab Lamongan melalui kerjasama perbankan telah menyalurkan KUR sebesar 1,8 trilyun  kepada 55 ribu dibitur (UMKM).

Terlebih, dalam mencapai pembangunan inklusif, UMKM menjadi pendorong dalam pertumbuhan ekonomi di Lamongan, hal tersebut terbukti pertumbuhan ekonomi yang awalnya -2,65% saat pandemi, mengalami peningkatan menjadi 3,43% dengan pedorong terbesar dari pelaku UMKM.

Tak hanya itu, melalui Bimtek Fasilitasi Kredit Usaha Rakyat dan Succesful Micro Bussiness Inspiration Talk yang di laksanakan di aula Gajah Mada Lt 7, Selasa (18/10), Pemkab Lamongan juga mengenalkan para pelaku UMKM dengan pasar digital atau e-commerce, agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
 
"Bapak ibu yang mendapatkan KUR ini terus dampingi dan dibantu, agar mereka ini berkembang, untuk dapat memberikan peningkatan perekonomian, sebab perputaran uang UMKM akan memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat di Lamongan," tutur Sekertaris Daerah Kabupaten Lamongan Moch Nalikan. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"