Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 22 Januari 2023

Bersama Pemdes dan Warga Sumuragung, Babinsa Sumberrejo Bojonegoro bersihkan Jalan Poros Desa

Bojonegoro, SNN.com - Kedekatan Bintara Pembina Desa atau Babinsa jajaran Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, dengan berbagai elemen masyarakat diwilayah binaan, tak diragukan lagi. Babinsa yang selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, dalam rangka memaksimalkan tugas pemberdayaan wilayah untuk pertahanan matra darat.

Salah satunya tugas pemberdayaan wilayah itu diantaranya seperti yang dilakukan Babinsa jajaran Koramil 0813-09/Sumberrejo, bekerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Sumuragung, melaksanakan karya bakti pembersihan rumput liar disepanjang kiri-kanan jalan poros Desa Sumuragung, Minggu (22/1/2023).

"Puluhan masyarakat Desa Sumuragung juga dilibatkan dalam kegiatan karya bakti ini," ungkap Serma Humaidi, selaku Babinsa Desa Sumuragung.

Menurut Dia, sebagai aparat kewilayahan (Babinsa) harus mampu membina, mengajak dan mengarahkan warga diwilayah binaan. Babinsa juga harus menjadi panutan dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Seperti yang dilaksanakan hari ini, bergotong-royong membersihkan jalan.

"Karya bakti ini dalam rangka memupuk semangat kegotong-royongan dan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga, kegiatan seperti ini harus terus digalang, sebagai kebersamaan dalam pembangunan maupun saling membantu terhadap sesama," ujarnya.

Hal tersebut, merupakan bagian dari tugas kewilayahan dalam Pembinaan Teritorial atau Binter. "Dalam rangka mendukung, memotivasi, serta memelihara kegotong-royongan masyarakat sekaligus untuk memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat," kata Serma Humaidi.
Turut dalam kegiatan ini, Kepala Desa Sumuragung, Mashadi, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI Kodim 0813 Bojonegoro khususnya Koramil 09/Sumberrejo. Yang mana, Babinsa selalu ada membantu kesulitan masyarakat dan dalam setiap kegiatan di desa seperti kerja bakti tersebut.

Terlebih, masih menurut Kades, bahwa pada musim penghujan sekarang ini, selain untuk menjadikan lingkungan yang bersih, nyaman dan indah, kerja bakti seperti ini juga sebagai upaya bersama dalam mencegah berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue.

"Sekali lagi, kami atas nama Pemdes mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 0813-09/Sumberrejo dan seluruh masyarakat Sumuragung yang terlibat dalam kegiatan kerja bakti ini," pungkasnya.(Mr/kominfo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"