Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 05 Juli 2019

Dinas Kesehatan Gelar Lomba Jambore Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Tuban

Tuban, SNN.com - Bertempat di salah satu Resto yang ada di jl.Basra Tuban, Dinas Kesehatan ( Dinkes ) Kabupaten Tuban menggelar Lomba Jambore Kader Posyandu, pada Kamis,( 04/07/2019 ), Acara di buka oleh Staf Ahli Bupati Tuban drh.Kartono.
hadir pada acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban.Hj.Qodiriyah Fathul Huda, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban dr.H.Bambang Priyo Utomo.Dinas Provinsi Jawa Timur drg. Fitria Dewi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Tuban Lulut Purwanto, DCN setelah pembukaan Jambore Kader Posyandu pada RNews Tuban mengatakan, Jambore Kader Posyandu adalah ajang tahunan yang dilaksanakan oleh Dinkes.“ Acara ini adalah kegiatan tahunan kami, Tahun 2019 ini di ikuti 200 peserta dari 33 Puskesmas di Kabupaten Tuban, terdiri dari 99 Kader dan Pendamping, 33 Pengelola Program Promkes, 20 TP PKK Kecamatan, 6 TP PKK Kabupaten, 22 Tim Pokjanal Posyandu. Jambore ini juga sebagai ajang bertukar informasi serta pengalaman antar anggota kader dari masing - masing Posyandu. Selain itu, juga untuk membina kader guna mempersiapkan ke ajang Jambore tingkat Provinsi.

Dalam Jambore Kader Posyandu kali ini , dilaksanakan beberapa lomba. Nantinya, yang mana juara yang pertama akan mewakili ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

“ Adapun jenis lomba yang di lombakan, di antaranya, Majalah Dinding Tema Peran Kader Dalam Pencegahan Stunting, Kompetisi Vlog, Membuat APE Penyuluhan Pencegahan Stunting, dan Penyuluhan dengan APE Pencegahan Stunting, Succes story telling Taman Posyandu, Penilaian Penyajian Menu Ibu Hamil 1 Porsi dengan ATIKA.” terang Lulut Purwanto.

Lulut juga mengatakan, jika Jambore menjadi salah satu ajang apresiasi Dinas Kesehatan kepada para kader.“ Ini bentuk apresiasi kami, dan di harapkan Jambore Posyandu bisa menjadi motifasi bagi para kader untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, Posyandu merupakan sistem penyelenggaraan pelayanan kebutuhan kesehatan dasar. Para kader tersebut merupakan ujung tombak dari keberhasilan program kesehatan melalui pelayanan kesehatan yang mereka berikan.


Sebagai informasi, pemenang Jambore Kader Posyandu Tahun 2019 sebagai berikut :

Lomba Majalah Dinding Tema Peran Kader dalam Pencegahan Stunting.
Juara 1. Puskesmas Bangilan, Juara 2.Puskesmas Merakurak, Juara 3. Puskesmas Klotok, Juara Harapan 1. Puskesmas Kenduruan, Juara Harapan 2. Puskesmas Soko, Juara Harapan 3. Puskesmas Tuban, dan Juara Favorit di raih Puskesmas Parengan.

Lomba Kompetisi Vlog .
Juara 1. Puskesmas Bangilan, Juara 2. Puskesmas Singgahan, Juara 3. Puskesmas Rengel, Juara Harapan 1. Puskesmas Parengan, Juara Harapan 2. Puskesmas Soko, Juara Harapan 3. Puskesmas Palang, dan Juara Favorit di raih Puskesmas Bangilan.

Lomba Membuat APE Penyuluhan Pencegahan Stunting.
Juara 1. Puskesmas Compreng, Juara 2. Puskesmas Soko, Juara 3. Puskesmas Palang, Juara Harapan 1. Puskesmas Jatirogo, Juara Harapan 2. Puskesmas Parengan, Juara Harapan 3. Puskesmas Merakurak, dan Juara Favorit diraih Puskesmas Wire.

Lomba Penyuluhan dengan APE Pencegahan Stunting.
Juara 1. Puskesmas Tuban, Juara 2. Puskesmas Prambon wetan, Juara 3. Puskesmas Rengel,Juara Harapan 1. Puskesmas Merakurak, Juara Harapan 2. Puskesmas Semanding, Juara Harapan 3. Puskesmas Kenduruan, dan Juara Favorit diraih Puskesmas Senori.

Lomba Penilaian Penyajian Menu Ibu Hamil 1 Porsi dengan ATIKA.
Juara 1. TP PKK Kecamatan Semanding, Juara 2. TP PKK Kecamatan Rengel, Juara 3.TP PKK Kecamatan Plumpang, Juara Harapan 1. TP PKK Kecamatan Soko, Juara Harapan 2. TP PKK Kecamatan Bancar, Juara Harapan 3. TP PKK Kecamatan Jenu, dan Juara Favorit di raih oleh TP PKK Kecamatan Tambakboyo.

Lomba Succes story telling Taman Posyandu.
Juara 1. Taman Posyandu Kamboja I Puskesmas Rengel, Juara 2. Taman Posyandu Melati Puskesmas Jenu, Juara 3. Taman Posyandu Lily Puskesmas Klotok, Juara Harapan 1. Taman Posyandu Bakti Mulia Puskesmas Tambakboyo, Juara Harapan 2.Taman Posyandu Buah Hati Puskesmas Sumurgung, Juara Harapan 3. Taman Posyandu Tulip Puskesmas Bangilan.

Dan sebagai juara umum dalam Jambore Kader Posyandu Tahun 2019 ini di raih oleh Puskesmas Bangilan.

Ayo cegah stunting itu penting.
Stunting itu adalah Pertumbuhan anak yang gagal tumbuh atau kerdil, kekurangan gizi kronis pada 1000 hari pertama kehidupan.

Pergi ke pasar beli belimbing, untuk di makan tersama teman, sejak cegah stunting, yuk perhatikan 1000 Hari pertama pehidupan.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"