Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 04 Juli 2019

Poskestren Langitan Widang Tuban Jadi Tempat Kaji Banding

Tuban, SNN.com - Poskestren di definisikan sebagai salah satu wujud Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat ( UKBM ) di lingkungan Pondok Pesantren dengan prinsip dari, oleh dan untuk warga Pondok Pesantren, sesuai Permenkes nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Pos Kesehatan Pesantren.

Bertempat di Pondok Langitan Widang Tuban, di selenggarakan kegiatan Kaji Banding dari Kabupaten Blitar Poskestren Langitan yang di hadiri oleh Rombongan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, antara lain Kadis Kesehatan dr.H.Bambang Priyo Utomo, Direktur RSUD Dr.R.Koesma Tuban dr.H.Saiful Hadi, Kabid Kesehatsn Masyarakat Dinkes Tuban Lulut Purwanto.DCN, Kasi Promkes dan Kesmas Dinkes Tuban Windu Budiati.SKM, PC NU , MWC NU, Pengasuh Pondok, Promkes Dinkes, Promkes Puskesmas, Kepala Puskesmas dan Bidan Desa, Forkopimka Kecamatan Widang, serta kurang lebih 60 orang rombongan dari Kabupaten Blitar yang di pimpin oleh Ketua Kaji Banding yang juga menjabat Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Blitar dr. Miftahul Huda.

Para santri Husada Poskestren Langitan juga melakukan praktek PPGD dan yel - yel, di lanjutkan dengan saling tukar cindera mata .


Wakil ketua Poskestren Langitan Widang, Gus Ahmad Farikin dalam paparannya menyampaikan antara lain bahwa kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Langitan widang Tuban tersebut menitikberatkan kepada Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ), Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ( P3K ) dan Kesehatan Lingkungan.

“Kebersihan yang di canangkan oleh Pondok Pesantren, setiap Selasa dan Jumat wajib membersihkan lingkungan di Pondok, dan menjadikan lingkungan Pondok Pesantren Langitan menjadi Kawasan Bebas Asap Rokok. ”terang Gus Ahmad Farikin.

Sebagai informasi, Pondok Pesantren Langitan Widang menjadi juara I lomba Poskestren tingkat Provinsi Jawa Timur pada Tahun 2014.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"