Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 09 Juli 2019

Sengaja Dibuang di Bantaran Kali Simongan Semarang , Limbah Kimia Ditemukan Warga

Semarang, SNN.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang menemukan limbah kimia yang dibuang di bantaran Kali Simongan, tepatnya di belakang Kantor Kelurahan Ngemplak, Semarang, Senin (8/7/2019).

Limbah padat  yang berserakan tersebut berbentuk cetakan drum diduga merupakan residu limbah sawit yang berasal dari Kalimantan. Kebenaran indikasi tersebut masih dalam proses pendalaman.

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto kepada awak media  mengatakan temuan limbah di kawasan tersebut bermula dari laporan warga yang mengadu ke Wali Kota Semarang.

Dari laporan tersebut kemudian ditindak lanjuti pihak Satpol PP dengan mendatangi lokasi yang dimaksud untuk mengecek secara langsung kondisi yg sebenarnya atas laporan warga.

“Masih kami cari dan selidiki siapa yang membuang limbah ini di sini, karena bagaimanapun tempat pembuangannya berdekatan dengan aliran sungai, apalagi di dekat sini ada PDAM yang mengolah air baku untuk konsumsi warga, inikan berbahaya kalau sampai air bakunya tercampur dengan limbah,” katanya,  kepada awak media Sorot Nuswantoro Senin (8/7/2019).

Fajar purwoto sebagai kepala satpol PP kota  semarang mengatakan akan segera melakukan pengangkutan semua limbah yang dibuang di bantaran Kali Simongan dan memindahkannya ke tempat pembuangan akhir.

Rencananya proses tersebut akan dilakukan Kamis (11/7/19) mendatang dengan berkordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umum agar prosesnya berjalan sesuai rencana.

Sementara itu dari pihak warga sekitar,  Bp.Poniman selaku RT 9/RW 1 Kelurahan Ngemplak mengaku sempat melihat saat pembongkaran drum-drum limbah tersebut di bantaran Kali Simongan.

Waktu itu Dirinya mengaku sempat bertanya dan memperingatkan agar pembongkaran tidak dilakukan di tempat tersebut namun tidak di indahkan.

“Kira-kira sebulan lalu, pagi hari saat saya mau ke sungai ada truk menurunkan drum. Saat itu sempat saya tanya bilangnya limbah sawit Kalimantan, nantinya mau diambil kembali dan mau dijual ke Solo. Tapi kemudian yang diambil hanya drumnya saja, isinya dibiarkan disitu, "katanya kepada Awak media

Reporter : Ady
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"