Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 23 Juli 2019

Pelatihan Enterpreneurship Bagi ASN Pra Purna Tugas Di Buka Sekda Kabupaten Tuban

Tuban, SNN.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., membuka Pelatihan Entrepreneurship bagi PNS Pra Purna Tugas Pemkab Tuban tahun 2019, Selasa ( 23/07/2019 ) di Gedung KORPRI Tuban.

Dalam pelatihan yang di ikuti 40 peserta PNS Pra Purna Tugas dan di hadiri Staf Ahli Bupati bidang SDA, Asisten Administrasi Umum, serta Kepala BKD Tuban ini di sampaikan, bahwa semenjak Bupati H Fathul Huda pertama kali menjabat, di upayakan para ASN yang purna tugas di lingkungan Pemkab Tuban dapat memanfaatkan dan mengisi waktunya saat pensiun.

Sekda menyampikan bahwa tidak ada regulasi khusus yang melarang ASN untuk berwirausaha. Dengan catatan, ASN harus tetap mampu memenuhi target kinerja yang telah di tentukan.

Lebih lanjut, adanya pelatihan ini untuk membekali ASN terkait wirausaha, baik materi maupun teknis. Para ASN perlu di bekali dengan pengetahuan mengenai mapping wirausaha. Jenis pelatihan usaha juga harus di sesuaikan dengan kemampuan ASN.

" Di samping itu, pengalaman ASN selama bertugas di Pemkab menjadi salah satu pertimbangan penentuan jenis wirausaha," Ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si.

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini juga menginstruksikan perlu adanya evaluasi yang terukur mengenai pelatihan ini, sehingga tujuan yang di harapkan dapat tercapai. Meski demikian, capaian kinerja ASN pra tugas yang telah di tetapkan tidak menurun.


Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis BPSDM Jatim, Nawang Ardiani, SH, M.Si., menyatakan Pemerintah Pusat menetapkan tahun 2024 harus terwujud Smart ASN. Salah satunya, setiap abdi negara harus sudah di bekali dengan jiwa entrepreneurship sejak pertama kali di tetapkan.

Selanjutnya, para aparatur juga harus menjalin komunikasi dengan pelaku usaha untuk membangun koneksi dalam berwirausaha.

"Juga di tunjang dengan memiliki investasi untuk di kelola di masa pensiun," terangnya.

Selain itu, ASN harus menguasai teknologi untuk menunjang kinerjanya.

Pada kesempatan ini, Kabid Diklat Pegawai BKD Tuban, Sucipto, S.Sos., dalam laporannya menyebutkan peserta pelatihan mengikuti pembekalan sekaligus praktik langsung. Peserta akan di pertemukan dengan pelaku usaha.

" Harapannya, mampu membangkitkan semangat berwirausaha melalui pembekalan dan kiat - kiat berwirausaha," ujarnya.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"