Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Sabtu, 25 Juni 2022

Berikan Rasa Aman Dan Nyaman, Koramil Sumberasih Kawal Gelaran Petik Laut


Probolinggo, SNN.com - Koramil 0820/06 Sumberasih kembali hadir di tengah-tengah masyarakat guna melakukan pengawalan dan pengamanan dalam pelaksanaan acara petik laut di Pantai Darmo Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan bahwa dalam gelaran petik laut tersebut juga diadakan lomba balap perahu guna menambah kemeriahan acara tahunan tersebut.

Serda Irwanto, Anggota Koramil 0820/06 Sumberasih menyampaikan bahwa petik laut digelar tiap tahunnya sebagai ungkapan wujud syukur kepada Allah SWT atas berkah yang diberikan selama ini.

"Kehadiran kami tentunya dalam rangka melaksanakan pengamanam serta pemantauan jalannya kegiatan sehingga dapat berjalan lancar dan aman," kata Serda Irwanto.

Ia mengungkapkan kegiatan petik laut merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan disetiap tahunnya, Kegiatan ini merupakan wujud syukur masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai nelayan untuk selalu mensyukuri berkah atau rejeki yang sudah Allah SWT berikan.

"Adapun kegiatan seperti ritual dan lain- lain itu di laksanakan guna menjaga kelestarian kebudayaan yang sudah ada semenjak mulai para leluhur terdahulu,"ujarnya.

Ditambahkan bahwa tradisi masyarakat pesisir berupaya petik laut harus tetap dilestarikan sebagai salah satu keberagaman budaya yang ada di berbagai wilayah binaan karena merupakan sebuah kearifan lokal yang sudah dilakukan turun temurun.

Tentunya ada pesan moral yang bisa diambil dari kegiatan petik laut yakni rukun dan gotong royong bahu-membahu dikalangan warga masyarakat nelayan juga menambah eratnya hubungan silaturohim.

“Dalam gelaran ini kami juga tetap menghimbau agar tetap mematuhi disiplin prokes dan senantiasa menjaga kesehatan diri dan keluarga, untuk menghindari ancaman penularan penyebaran virus covid-19,"pungkasnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"