Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 20 Juni 2022

Wabup Lepas 23 Calon Jama'ah Haji Asal Aru


Kepulauan Aru, SNN.com - Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Aru, Muin Sogalrey melepaskan 23 calon Jama'ah Haji, Senin (20/6/2022). 

Pelepasan calon Jama'ah Haji asal Kepulauan Aru dilaksanakan di gedung Kesenian Sitakena Dobo dengan mengusung tema " Jama'ah Calon Haji Kabupaten Kepulauan Aru, Berangkat Dengan Hati Syukur Pulang Dengan Haji Mabrur".

Wabup Muin Sogalrey dalam sambutannya mengatakan, ibadah haji adalah sebagai gambaran/miniatur padang mahsyar, dimana seluruh umat manusia berhadapan dengan sang khaliq. 

"Melalui kesempatan ini, atas nama pemerintah maupun pribadi dan seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru, kami senantiasa mendoakan saudara-saudara sekalian agar tetap diberikan kekuatan lahir dan batin serta kesehatan selama melaksanakan ibadah haji," ucapnya. 

"Bapak-bapak dan ibu-ibu datang ke tanah suci untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima, maka gunakanlah waktu selama 40 hari itu untuk memperbanyak ibadah seperti berzikir, berdo'a, bershodaqah dan tawakal," tambah Sogalrey. 

Kesemuanya ini, kata Sogalrey adalah bertujuan untuk meraih ridho dan rahmat dari Allah SVVT, yakni menjadi haji yang Mabrur dan Mabruroh, amin. "Dan sekembalinya dari tanah suci, diharapkan bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara-saudara akan benar-benar dapat menerapkan kebiasaan ibadah untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari," pintahnya.


Lanjut dikatakan, keberhasilan penyelenggaraan haji ini tentu saja tidak semata mata tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah saja, melainkan juga tergantung pada partisipasi saudara-saudara para jamaah calon haji.

Kepada jama'ah haji, Wabup Sogalrey berpesan agar tingkatkan semangat beribadah dan niatlah secara ikhlas dan khusus untuk menunaikan ibadah haji semata-mata karena Allah SWT, 

"Oleh karena itu, hindarkan pikiran, perasaan dan perbuatan yang dapat mengurangi nilai kesempurnaan ibadah haji," pesannya. 

Selain itu, pelihara kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna karena pada dasarnya ibadah haji bukan hanya ibadah batin tetapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan serangkaian ibadah haji. 

Hal ini sambung Sogalrey, dapat diantisipasi antara lain dengan makan makanan yang bergizi dan dalam jumlah yang cukup, perbanyak minum dan makan buah buahan, serta kurangi kegiatan yang tidak langsung menunjang ibadah, seperti banyak belanja, jalan-jalan dan membawa bawahan yang berat.

"Bapak dan ibu adalah duta bangsa, dan daerah oleh karena itu junjung tinggi martabat bangsa, dengan bertingkah yang sopan, tertib, berlapang dada dan tidak mudah tersinggung, tunjukkan kepribadian sebagai umat Islam, warga negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," ujarnya.

Kemudian, Berdo'alah kepada Allah SWT ditempat-tempat yang mustajab untuk keselamatan dan kebahagiaan diri dan keluarga masing-masing dan para pemimpin bangsa.

Wabup berharap para jamaah haji kiranya dapat menjaga kebersamaan dan memperketat silaturahmi.

Diakhir sambutan, Sogalrey minta kepada petugas, baik TPHD Kabupaten, petugas-petugas lainnya agar lakukanlah tugas dengan serius dan sepenuh hati, sesuai dengan amanah dan tanggung jawab.

"Semoga saudara-saudara baik para jamaah haji, maupun para petugas mendapatkan kemudahan dalam menjalankan ibadah dan tugasnya dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, serta sekembalinya ke tanah air nanti, akan menjadi muslim yang lebih sempurna," pungkas Sogalrey.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"