Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 19 Juni 2022

Hari Bhayangkara Ke -76 Tahun 2022, Polres Kubar Gelar Lomba Kearifan Lokal. AKBP Sonny Sirait : Open Race Ketinting Mini Memiliki Nilai Budaya Yang Perlu Kita Lestarikan

Waka Polres Kubar Kompol I Nyoman Wijana, S.Ag

Kutai Barat, SNN.com - Kepolisian Resor (Polres) Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur kembali melaksankan gebrakan dengan mengadakan Lomba Ketinting Mini atau Perahu mini yang merupakan kearifan lokal dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke – 76 Tahun 2022.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung Kapolres Kutai Barat AKBP Sonny Henrico Parsaulian Sirait, S.I.K yang diwakili Waka Polres Kubar Kompol I Nyoman Wijana, S.Ag dan dihadiri Forkopimda, Kasat Pol Airud Kubar AKP Heru Santoso, SH, Kapolsek kecamatan Melak AKP Aluwih, tokoh masyarakat dan seluruh peserta lomba Ketinting Mini berlangsung di RT. lll kampung Melak Ilir kecamatan Melak kabupaten Kutai Barat Minggu (19/06/2022).

Tak hanya itu. Pada Hari Bhayangkara ke - 76 kali ini diwarnai beberapa kegiatan antara lain seperti Fun Bike yang diikuti ratusan peserta dengan mengambil star dari Islamic Center Melak dan fhinis di Mako Polres Kubar.

Sedangkan Open Race lomba kearifan lokal berupa Perahu kecil yang biasa disebut Ketinting Mini ini menjanjikan berbagai hadiah sehingga menarik perhatian bagi penggemarnya dan diikuti peserta antara lain: 1. Busam Samarinda terdiri dari 1 (Satu) Tim dengan jumlah perahu mini sebanyak 35 buah. 2. Kutai Kartanegara (Kukar) terdiri dari Tim Sri Muntai 25 perahu. Tim King Walet 20 perahu dan Tim Mustafa sebanyak 20 perahu.

Balap Ketinting Mini dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76 ini berjumlah 425 perahu. Sedangkan peserta dari Kubar berasal dari Melak, Kemudian ada Tim Akila dari kampung Muara Beloan kecamatan Muara Pahu, Tim Sampurna Baihaki dari Kecamatan Penyinggahan gabung kampung Rambaian kecamatan Melak sebanyak 35 perahu, sedangkan Tim Nenek Limau asal kampung Muara Benangaq 25 perahu.

Dari total 425 ketinting Mini yang diperlombakan dari tim masing-masing, sisanya di monopoli peserta dari Melak sebanyak 325 perahu mini.


Lomba kearifan lokal yang di gagas Polres Kubar kali ini tanpa dipungut biaya alias gratis uang pendaftaran, dimana para juara akan memperebutkan sejumlah hadiah menarik lainnya berupa: Trofi terdiri dari juara l Rp. 5,000,000,00.-, Juara ll Rp. 4,000,000,00.-, Sedangkan berbentuk Piagam diberikan kepada juara lll dan Uang Tunai Rp. 3,000,000,00.- Untuk juara lV diberikan Piagam plus uang tunai Rp. 2000,000,00.-, Sedangkan juara V mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 1000,000,00.-. Kemudian juara Vl memperoleh uang pembinaan sebanyak Rp. 500,000,00.-

Kapolres Kubar AKBP Sonny Sirait, S.I.K dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Waka Polres Kubar Kompol I Nyoman Wijana, S.Ag menyebutkan, “Kejuaraan lomba open race Ketinting Mini Tahun 2022 yang kita selenggarakan ini bisa disebut sebagai salah satu kejuaraan yang memiliki nilai budaya yang perlu kita lestarikan. Hal ini tentu saja dapat dijadikan salah satu indikator meningkatnya kecintaan terhadap Budaya kearifan lokal dalam olahraga tradisional khususnya lomba ketinting,’’ Ujar Kapolres Sonny.

Ia pun berharap dalam lomba Ketinting mini kali ini bukan saja hadiah yang menjadi tujuan utama, akan tetapi agar lebih mencintai dimana budaya-budaya kita yang hampir punah itu perlu kita bangkitkan dan kita lestarikan kembali.

‘’Saya berharap kejuaraan ini dapat dijadikan sarana konsolidasi dan pembinaan prestasi mengingat peserta lomba ketinting mini ini sangat banyak diminati oleh masyarakat luas baik di Kutai Barat itu sendiri maupun dari luar daerah,” Harap Sonny.

Dalam kegiatan open race Ketinting Mini yang digelar di kampung Melak Ilir kecamatan Melak ini bertindak sebagai ketua seksi lomba kearifan lokal open race ketinting mini yaitu Kasat Pol Airud AKP Heru Santoso, SH dalam laporan singkatnya Heru mengatakan, “Dalam penyelenggaraan lomba kearifan lokal open race Ketinting Mini ini pihak Polres Kubar telah membuka pendaftaran sejak tanggal 16 Juni hingga ditutup pada 18 Juni 2022 dengan jumlah pendaftar sebanyak 15 Tim dengan jumlah perahu mini 425 perahu,” Kata ketua seksi lomba

Ketua seksi lomba. Kasat Pol Airud Kubar AKP Heru Santoso, SH menambahkan,“ Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan lomba kearifan lokal open race ketinting mini ini selain memperingati Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 juga sebagai wadah untuk mengangkat khazanah budaya yang ada di kabupaten Kutai Barat,’’ Ujar Heru Kasat Pol Airud.

Ini pesan Kapolres Kutai Barat AKBP Sonny Sirait, S.I.K pada lomba kearifan lokal open race Ketinting Mini, “Selain berkompetisi dilapangan, perlombaan ini selalu diwarnai persaingan dan adu gengsi antara sesama peserta lomba. Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini saya berharap khususnya kepada seluruh peserta dan saya ingatkan, Melalui semangat olahraga agar selalu meningkatkan rasa kebersamaan, sportifitas, menjunjung tinggi Fair Play, memperkokoh Persatuan dan Kesatuan menuju kabupaten Kutai Barat yang Adil, Makmur dan Damai,” Pungkas Kapolres Kutai Barat AKBP Sonny Sirait, S.I.K.

Dalam kegiatan ini pihak Polres Kutai Barat tetap melaksanakan sesuai protokol Kesehatan Covid-19.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"