Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 21 Juni 2022

Tingkatkan Layanan Publik, Bupati Blora MoU Dengan Kanwil Kemenkumham Jateng


Semarang, SNN.com - Terobosan demi terobosan untuk meningkatkan pelayanan publik di Blora terus dilakukan oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.  Kali ini menggandeng Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng untuk merintis kerjasama pembukaan layanan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Blora.
 
Konkretnya, Bupati Arief Rohman telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin, Selasa (21/6/2022), di gedung Weeskamer Kemenkumham, Kota Lama Semarang.
 
"Bismillah hari ini kita melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kepala Kemenkumham Kanwil Jateng, A Yuspahruddin. Dengan penandatanganan nota kesepahaman ini, dalam waktu dekat Kemenkumham Jateng akan membuka layanan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Blora," ungkap Bupati Arief.
 
Menurutnya, saat ini masih banyak produk kerajinan dan UKM Blora yang belum di HKI kan. Sehingga masih ada potensi ditiru atau dijiplak pihak lain. Dengan hadirnya pelayanan HKI di MPP nantinya bisa mendukung kepastian hukum produk kerajinan dan UKM yang ada di Kabupaten Blora.
 
Terpisah Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin menyatakan senang atas jalinan kerjasama yang dilakukan dengan Pemkab Blora.
 
Dia mengemukakan, di Jawa Tengah kaya potensi kerajinan, produk UKM dan merek dagang yang potensial menembus pasar ekspor. Hanya saja masih banyak yang terkendala dengan kepengurusan HKI -nya yang meliputi hak cipta, hak paten, merk dagang dan lainnya.


Sehingga, lanjut A Yuspahruddin, pihaknya terdorong untuk mempermudah pelayanan HKI hingga tingkat Kabupaten. Salah satunya dengan Blora . “ Semoga nanti bermanfaat untuk sektor kerajinan, UKM dan industri dagang di Kabupaten Blora," terangnya.
 
Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora, Bondan Arsiyanti menyampaikan,  pembukaan pelayanan HKI oleh Kanwil Kemenkumham Jateng ini akan segera ditindaklanjuti usai penandatanganan nota kesepahaman.
 
"Segera, setelah sarprasnya kita siapkan di MPP. Langkah awal akan kita kirimkan SDM di DPMPTSP untuk mengikuti pelatihan yang akan dilaksanakan langsung oleh Kanwil Kemenkumham," ungkap Bondan Arsiyanti.  

Reporter : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"