Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 22 Juni 2022

Wakapolres Lamongan Sambut Tim Supervisi Puslitbang Polri Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024


Lamongan, SNN.com - Wakapolres Lamongan KOMPOL AKAY FAHLI, S.Kom.,S.I.K. sambut Tim Puslitbang Polri guna Supervisi Penelitian Dan Penelitian Evaluasi Peralatan Dalmas Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024 di Polres Lamongan Selasa pagi, (21/06).

Kegiatan Supervisi tersebut dihadiri langsung oleh Kapuslitbang Polri Brigjenpol Drs  ISWYOTO AGOENG LESMANA DOETA M.si, sedangkan Tim Peneliti Puslitbang Polri tersebut diketuai oleh Kombes Pol. Harvin Raslin, SH beserta Anggota Kompol Septi Astuti, ST.,MA dan Ipda Desriansyah Putra, ST didampingi Konsultan dari Pusat Riset Metalurgi BRIN Dr.Eng.Gadang Priyotomo, ST., M.Si.

Diawali dengan Pemutaran Video Company Profil Puslitbang Polri dan dilanjutkan sambutan dari Wakapolres yang mengucapkan terima kasih atas kunjungan hari ini serta sambutan oleh Kapuslitbang Polri, “ TErima aksih atas sambutan Polres Lamongan yang luar biasa, Kami tim datang dalam rangka evaluasi peralatan dalmas menjelang pemilu 2024., berdasarkan pengalaman pemilu 2019 sudah diketahui sendiri situasinya seperti apa.” Sambutnya.

Menjelang Pemilu 2024 Polri harus mengantisipasi agar semua keadaan dapat terkendali dengan baik dan kondusif dengan tetap mengedepankan pada pola pelayanan berbasis HAM dan mengutamakan strategi preemtif dan preventif.

Kesiapan peralatan Dalmas dan PHH perlu mendapatkan perhatian, Hal ini dapat dilihat dari berbagai kasus yang terjadi di lapangan saat mengantisipasi aksi unjuk rasa yang bersifat anarkis, masih ditemukan adanya kondisi peralatan Dalmas dan PHH Polri pada saat digunakan tidak berfungsi secara optimal (malfungsi) seperti kaca helm PHH pecah ketika terkena benda keras, dan lain lain.

Jika kebutuhan peralatan Dalmas dan PHH baik untuk perorangan maupun kesatuan masih kurang memadai, baik dari kuantitas maupun kualitas maka akan berpengaruh pada kesiapan Polri dalam melakukan pengamanan Pemilu pada tahun 2024 nanti.

Puslitbang Polri memandang penting melakukan  penelitian tentang Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu 2024. Dari penelitian ini diharakan diperoleh kondisi riil peralatan Dalmas dan PHH saat ini sehingga Polri dapat melakukan langkah-langkah  perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan Dalmas dan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak yang waktunya kurang dari dua tahun.

Melalui pendekatan secara kuantitatif dan kualitatif, pengumpulan data penelitian ini dilakukan di Polda Jawa Timur /Polres Lamongan sebagai salahsatu Polda dari 10 (sepuluh) Polda  sampel penelitian dengan melakukan pengisian kuesioner secara online dan pengecekan peralatan Dalmas dan PHH diiringi dengan wawancara mendalam (indepth interview) kepada para informan.

Dalam kesempatan ini Kapuslitbang Polri Brigjen Pol. Drs Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, M.Si melakukan Supervisi penelitian untuk memastikan terlaksananya kegiatan sesuai target yang telah ditentukan agar kedepannya pelaksanaan Pemilu maupun kegiatan lainnya dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pengisian Quisioner dipandu oleh Kompol Septi Astuti St secara online dan dikahiri dengan Pengecekan Peralatan Dalmas mulai dariTongkat Borgol hingga kesiapan Mobil AWC (Armoured Water Canon) yang merupakan salah satu sarana prasarana untuk mendukung Polri khususnya dalam pengamanan apapun. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"