Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 22 Juni 2022

Kabupaten Lamongan Siap Laksanakan Pilkades Serentak di 61 Desa


Lamongan, SNN.com - Sebagai bentuk implementasi dari suatu birokrasi, Pemerintah Kabupaten Lamongan di tahun 2022 akan melaksanakan Pilkades serentak di 61 Desa.

Pilkades serentak yang dilaksanakan 26 juni ini di ikuti oleh 138 calon kepala desa di 24 Kecamatan. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa PMD Muhammad Zamroni, Desa Sugihwaras dan Padegan Ploso menjadi desa dengan jumlah calon kepala desa terbanyak.

"Jumlah calon terbanyak ini ada di Desa Sugihwaras ada 4 orang, terus juga Desa Padegan Ploso Kecamatan Tojo ini juga ada 4 calon kepala desa, dari total secara keseluruhan sebanyak 61 calon kepala desa," ungkap Muhammad Zamroni saat dialog di Radio Suara Lamongan, Senin (20/6)

Lebih lanjut, Zamroni mengatakan, dari 61 Desa terdapat 332 TPS yang tersebar dengam jumlah hak suara sebanyak 135.236 hak suara. "Total daftar pemilih ada 135.236 hak suara, sedangkan DPT terbesar itu ada di Desa Paciran, ada 11.757," tambah Zamroni
 
Sehingga, pihaknya berharap para petugas untuk menjaga kesehatannya agar bisa fighting. "Jadi panitia harus benar-benar fight, harus menjagamu kesehatan sehingga di saat pilkades nanti dapat  melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya karena ini DPT-nya banyak jadi diperkirakan akan selesai sampai tengah malam karena DPT-nya 11.000an, sedangkan untuk yang paling sedikit itu ada di Desa Gamgbuan Kecamatan Kalitengah yang ada 623 DPT," ucap Zamroni

Kata Zamroni, dari 61 Desa terdapat 16 Desa yang mempunyai hubungan kekerabatan karena untuk antisipasi calon tunggal. "Kekerabatan ini seperti hubungan suami istri, orang tua dengan anak, paman dengan ponakannya seperti itu, ini biasanya karena tidak ada calon lain akhirnya istrinya mencalonkan. Karena ini kan tidak boleh kalau ada calon tunggal jadi minimal ini ada 2 calon dan maksimal ada 5 calon," jelas Zamroni

Setelah melalui masa penjaringan dan penyusunan panitia yang dilakukan oleh BPD beserta pemerintah desa. Saat ini menurut Zamroni, Pilkades telah memasuki tahap masa kampanye yakni mulai dari Senin hingga Rabu (20-23/6). Pihaknya berharap, para calon kepala desa dapat memaparkan visi misi yang di usung.

"Kita sekarang di tanggal 20 hingga 22 ini masa kampanye, setelah 3 hari itu di tanggal 24-25 Juni itu masa tengang. Baru di tanggal 26nya itu pemungutan suaranya," ungkap Zamroni

Berharap Pilkades 25 Juni dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala, kata Zamroni, Pemerintah Kabupaten Lamongan telah melakukan koordinasi dengan berbagai stekholder pengamanan.

"Agar Pilkades ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, ini kita melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan para stakeholder, baik itu dari para Camat dan  Muspika (Polsek, Dandim, dan Linmas) yang ada di wilayah masing-masing Desa, itu pranya. Dan yang penting lagi tidak hanya pranya, tetapi di pelaksanaannya pelaksanaannya juga, kita pun tetap koordinasi dengan pengamanan antara lain dengan jajaran Polres termasuk dengan jajaran Kodim termasuk dengan satpol PP ini juga turut membantu dalam rangka pengamanan pelaksanaan pilkades yang dilaksanakan tanggal 26 besok ini. saya yakin dari pihak keamanan dari Polres atau dari TNI memiliki strategi khusus yang tentunya bisa digunakan dalam rangka berlawanan Pilkades ini," pungkas Zamroni (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"