Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 09 Juni 2022

Korps Adhyaksa Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Bontang. Muhamad Sumartono : Cetak agent of change


Bontang, SNN.com - Kembali Korps Adhyaksa laksanakan kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum berlangsung di Hotel Tiara Surya Kota Bontang Jl. MT Haryono No.55 Kelurahan Gunung Kelai Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang Kamis (09/06/2022).

Dalam kegiatan tersebut diikuti peserta dari SMA, SMK, MA, SLB (TUNA DAKSA). Sedangkan pelajar jenjang SMA sederajat se Kota Bontang diikuti oleh 10 peserta terdiri masing-masing peserta adalah 1 orang pelajar laki-laki dan 1 orang pelajar perempuan.

Sebelumnya seluruh peserta se Kota Bontang mengajukan karya tulis inovatif, kemudian dilakukan seleksi terhadap karya tulis inovatif yang diajukan. Dari hasil seleksi ada 10 peserta siap dipertandingkan pada tingkat Kota Bontang.

Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Muhamad Sumartono, SH., MH membuka secara resmi Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Bontang.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Bontang Samsul Ari, SH., MH, Kepala Seksi Pembinaan SMK pada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Kutai Timur Bontang Andarias, S.Kom.

Bertindak sebagai dewan Juri pada pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum langsung dari Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur dan Kejaksaan Negeri Bontang dan para guru pembimbing.


Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Muhamad Sumartono, SH., MH dalam sambutannya menyebutkan, "Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab," ujar Sumartono.

Masih kata Sumartono, "Oleh karena itu pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa harus dikembangkan potensinya kearah yang positif, salah satunya diberikan pemahaman hukum melalui pembinaan atau pembentukan pelajar sadar hukum yang secara tidak langsung akan membentuk karakter para pelajar terkait hukum yakni kejujuran, tanggung jawab, disiplin, toleransi dan peduli pada lingkungan dan sosial serta dapat bertindak lebih bijak dengan mematuhi ketentuan yang berlaku," sambungnya.

Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Kaltim ini berharap khususnya kepada para peserta pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum agar dapat di manfaatkan sebaik-baiknya. Melalui kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA sederajat se - Kaltim tahun 2022 ini, Muhamad Sumartono menyampaikan.

"Dengan kegiatan ini, saya berharap dapat melahirkan pelajar-pelajar sadar hukum, yang dapat menjadi agen perubahan (agent of change) di tengah masyarakat khususnya di lingkungan sekolah masing-masing, serta dapat menularkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat sehingga ketertiban dan ketentraman umum dapat terpelihara ditengah kehidupan masyarakat," pungkas Muhamad Sumartono Asisten Intelijen Kejati Kaltim.

Peserta pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2022 yang diadakan Kejati Kaltim ini akhirnya tiba pada puncak acara, dewan juri dengan selektif memberikan penilaian, meski terbilang ketat akhirnya melahirkan para juara yakni: Juara I diraih oleh SMAN 1 Bontang yaitu Bella Oktavianggi dan Muhammad Alparezi.

Sedangkan juara II diraih SMAN 1 Bontang yaitu: Najwa Bella Prasetya dan I Putu Bandhu Sogata.

Sedang juara III jatuh pada SMAN 1 Bontang yakni: Alvinna Ramadhani dan Rizhal Akbar.

Kepada juara I, II dan III masing-masing memperoleh uang pembinaan, kemudian piagam dan plakat.

Kedepannya, bagi juara I, II dan III hasil dari Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Kota Bontang akan dipertandingkan kembali pada tingkat Provinsi bersama dengan para juara dari masing-masing Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur.

Dalam kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Kota Bontang Tahun 2022 ini dilaksanakan dengan mengedepankan protokol Kesehatan.

Sumber :
Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Kaltim Toni Yuswanto, SH.,MH.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"