Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 18 Juli 2018

Hilangnya Budaya Gotong Royong Di Masyarakat

Achmad Wafa Isvianto
Sorotnuswantoronews - Gotong royong merupakan budaya yang menjadi salah satu identitas perilaku kolektif masyarakat. Bergotong royong adalah salah satu kegiatan sosial yang sangat mulia dan tanpa pamrih untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Dalam kehidupan sehari-hari, dahulu kita dengan mudah dapat menjumpai budaya gotong royong misalkan, mendirikan rumah, mengerjakan sawah, membantu tetangga yang sedang berduka dan kerjasama tersebut bukan hanya dilakukan sanak keluarga yang terkait saja, tetapi semua masyarakat kampung yang berbaur dalam kerjasama demi proses acara atau kegiatan bisa berlangsung dengan baik.

Namun pada saat ini kebudayaan tersebut semakin lama semakin hilang. Mengendornya semangat kegotongroyongan di masyarakat perlu segera diantisipasi dengan memperkuat komitmen kita bersama untuk terus menumbuhkan semangat peduli terhadap sesama, meneguhkan rasa tanggungjawab bersama dan menetapkan keyakinan bahwa segala sesuatu yang dikerjakan secara bersama-sana akan memberikan hasil yang lebih baik.

Diera globalisasi ini budaya gotong royong barangkali hanya bisa ditemukan di desa-desa dan daerah terpencil saja. Hal ini sungguh memprihatinkan karena mengingat budaya ini merupakan budaya yang menjiwai kepribadian bangsa Indonesia.

Hilangnya budaya gotong royong dikalangan masyarakat ada beberapa faktor yang memengaruhi, salah satu faktor  yang dapat menyebabkan lunturnya budaya gotong royong adalah masuknya arus modernisasi, dimana arus modernisasi yang masuk ke Indonesia memberikan dampak bagi pembentukan karakter masyarakat khususnya remaja seperti sikap individualisme yang hanya mementingkan diri sendiri, sikap tersebut merupakan gaya hidup orang barat yang tidak selaras dengan budaya di negara kita. Selain hal itu, kini masyarakat sudah terbentuk sikap apatis atau acuh terhadap situasi lingkungannya karena mereka hanya sibuk bekerja dan jarang sekali berinteraksi dengan sesama terutama di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"