Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 19 Juli 2018

Pengenalan Potensi Siswa Baru, SMK Jeljakaka Dobo Gelar MPLS

KEPULAUAN ARU, Sorot Nuswantoro News.com - Dalam rangka memperkenalkan siswa baru terhadap lingkungan di sekolah, baik itu perkenalan dengan sesama siswa senior, guru, hingga para pegawai lainnya, serta  berbagai macam kegiatan rutinintas yang dilaksanakan di lingkungan sekolah maka, SMK Jeljakaka Dobo menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  (MPLS).

Ketua Panitia MPLS, D Labuem, S.Th kepada Sorot Nuswantoro News disela-sela kegiatan Kamis (19/7) mengatakan, MPLS yang juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan sebuah kegiatan umum yang biasanya dilaksanakan di setiap Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan Sekolah Menegah Umum (SMU) pada awal tahun baru,  termasuk 80 siswa baru SMK Jeljakaka Dobo.

Kegiatan MPLS ini sudah dimulai pada hari Rabu 18 Juli dan direncanakan akan ditutup pada hari Jumat, 20 Juli 2018.


Adapun materi yang dipaparkan dalam kegiatan MPLS ini antara lain, Wawasan Wiyata Mandala dengan pemateri B.J. Loka, S.Pd, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara oleh pemateri W.Gainau,SH, Pendidikan Karakter dan Tata tertib Sekolah oleh pemateri B.D.P.Djilarpoin, S.Ag.Teo, Pengenalan Kurikulum K13 oleh pemateri R.Manupassa, S.Pi, Pengenalan Jurusan oleh Ketua Jurusan, Cara belajar Efektif, oleh pemateri D.Labuem, S.T, PBB oleh pemateri A.S.Imkorle, Pengenalan Ekstra Kulikuler oleh Kepala Sekolah, Y.D.B Tuarlela, Spd, Lomba Kretaif Bidang Jurusan oleh Panitia, Post Test/ Penentuan Jurusan oleh Panitia.

Lanjut kata Labuem, Semua materi yang kami berikan tujuannya pengenalan potensi diri siswa baru, Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Sementara pantauan Sorot Nuswantoro News di Aula SMK Jeljakaka Dobo, terlihat animo para siswa-siswi baru untuk mengikuti kegiatan MPLS sangat tinggi. Nampak mereka serius mengikuti penyampaian materi dari dewan guru.

Hal ini patut mendapat apresiasi dari semua pihak sehingga semangat anak-anak bangsa di daerah berjuluk Kota Mutiara Indah Lestari ini bisa ditingkatkan.

Reporter : Nus Yerusa
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"