Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 31 Juli 2018

Jalan Usaha Tani Ala MRT Di Desa Sroyo-Bojonegoro

BOJONEGORO, Sorotnuswantoronews - Sektor pertanian menjadi prioritass perhatian bagi Pemerintah Desa Sroyo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro - Jawa Timur.

Hingga guna memberikan akses kemudahan bagi petani Pemdes Sroyo tahun ini telah  membangun jalan usaha tani model MRT, yang di bawahnya jalan juga dfungsikan untuk saluran air pertanian. 

Soentoro, Kepala Desa Sroyo menjelaskan sebelum dibangun Jalan Usaha Tani (JUT),  petani selama ini menuju persawahan melalui pematang sawah yang sempit. Apalagi  kebutuhan air pertanian belum mencukupi secara maksimal. Sehingga perlu dibangun akses saluram air. 

"Pembangunan jalan usaha tani ini dilaksanakan bertahap. Rencana tahun depan  akan dilanjutkan sepanjang 200 meter lagi, "terangnya.

Selain jalan usaha tani model MRT yang di bawahnya juga difungsikan sebagai saluran air pertanian  sepanjamg 190 meter dan lebar 1,5 meter. Sedangkan  pembanginan jalan MRT bersumber dari  Dana Desa  sebesar Rp 64 juta.

Pemdes Sroyo lanjut Soentoro juga membangun TPT yang berfungsi juga sebagai saluran air sepanjang 220 meter dengan anggaran DD sebesar Rp 57 juta.

"Diharapkan dengan pwmbangunan jalan usaha tani yang juga sebagai saluran air pwrtanian mampu  memberikan dampak pada pendapatan atau hasil panen  petani meningkat.  Sebab  air dan jalam pertanian adalah mata rantai guna menunjang kemajuan dan  peningkatan hasil pertanian, "imbuhnya.

Reporter : Nastain
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"